Bantul tingkatkan kesejahteraan 2.500 kaum rois

id Kaum rois

Bantul tingkatkan kesejahteraan 2.500 kaum rois

Pemberdayaan kaum rois atau seseorang yang ditokohkan di masyarakat se-Bantul, DIY (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta akan memberikan santunan baik berupa uang dan bingkisan yang bermanfaat kepada sekitar 2.500 kaum rois di daerah ini sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan tokoh masyarakat tersebut.

"Kaum rois merupakan seseorang yang ditokohkan di masyarakat, dan kesejahteraannya perlu ditingkatkan. Jumlah total kaum rois di Bantul sekitar 2.500 orang," kata Kepala Bagian Administrasi Kesra Setda Bantul Sukamta usai pemberian santunan kepada ratusan kaum rois di Desa Pleret Bantul, Selasa.

Menurut dia, santunan kepada kaum rois di Bantul berupa uang tunai sebesar Rp200 ribu per orang, ditambah uang Rp100 ribu dari lembaga pemerintah Baznas Bantul kepada masing-masing, sedangkan bingkisan berupa sarung, peci, bahan baju dan alat tulis kantor (ATK).

"Kegiatan ini dilaksanakan mulai 18 September sampai dengan 6 Oktober 2020 dengan sasaran 17 kecamatan, 75 desa. Dan sampai hari ini sudah ada delapan kecamatan, biasanya kegiatan dilaksanakan di kantor Balai Desa sebagai perwakilan wilayah kecamatan," katanya.

Menurut dia, kegiatan tersebut diupayakan karena pemerintah daerah merasa perlu memperhatikan kesejahteraan kaum rois se-Bantul atas pengorbanan tokoh agama tersebut baik di masyarakat sekitar maupun pemerintah kabupaten, terutama di bidang sosial kemasyarakatan.

Apalagi, kata dia, pada situasi dan kondisi pandemi wabah virus corona atau COVID-19, khususnya di Bantul para kaum rois terdampak, sehingga pemda harus tanggap terhadap kondisi tersebut yaitu dengan memberikan kepedulian, dengan harapan bisa mengurangi beban yang dialami.

"Tetapi yang paling pokok ini adalah sebagai bentuk perhatian dan penghargaan atas pengorbanan yang telah dilakukan untuk masyarakat sekitar dan pemerintah kabupaten Bantul," kata Sukamta.

Sementara itu, Bupati Bantul Suharsono disela acara penyerahan santunan secara simbolis kepada kaum rois mengatakan bahwa keberadaan kaum rois sangat penting, karena mereka adalah pilar penting bagi pembangunan di Kabupaten Bantul.

"Kaum rois mempunyai peran strategis dalam mengawal dan menjaga moral umat dengan melakukan pembinaan dan bimbingan untuk menggerakkan potensi sumber daya manusia yang ada," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar