Pemkab Bantul berharap jembatan Sranggahan topang perekonomian masyarakat

id Peresmian jembatan

Pemkab Bantul berharap jembatan Sranggahan topang perekonomian masyarakat

Peresmian jembatan Sranggahan Desa Sabdodadi Bantul oleh anggota DPR RI Gandung Pardiman dan Bupati Bantul Suharsono (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan jembatan penghubung dua kecamatan yang selesai dibangun atas bantuan anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI di kampung Sranggahan, Desa Sabdodadi dapat menopang perekonomian masyarakat sekitar.

"Sebagai kepala daerah saya mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Pak Gandung Pardiman sebagai Anggota DPR RI yang telah membantu membangun jembatan yang menghubungkan Kecamatan Bantul dengan Sewon ini," kata Bupati Bantul Suharsono di Bantul, Kamis.

Jembatan Sranggahan lama yang menghubungkan Desa Timbulharjo Sewon dan Desa Sabdodadi Bantul itu sebelumnya rusak, tetapi saat ini jembatan yang diresmikan pada Rabu (23/9) itu konstruksi lebih lebar dan bisa dilalui kendaraan roda empat, sehingga sangat membantu ekonomi dan mobilitas warga setempat.

"Semoga bermanfaat bagi masyarakat untuk menopang peningkatan perekonomian dan juga untuk anak-anak sekolah, akses makin tambah lancar, semoga lebih bermanfaat," katanya.

Sementara itu, Anggota DPR RI Gandung Pardiman mengatakan, dipilihnya jembatan di Sanggahan Sabdodadi sebagai program kegiatan dana aspirasi di lembaganya berawal saat wakil rakyat dari Fraksi Partai Golkar tersebut melintas, namun terkendali jembatan yang rusak.

"Secara kebetulan saya mau lewat sini, tetapi jembatan rusak dan kita pertemuan dengan masyarakat bahwa di sini perlu dibangun jembatan, maka waktu itu langsung kita perjuangkan untuk jembatan ini, apalagi gotong royong masyarakat sini tinggi," kata Gandung.

Dia menjelaskan, dana untuk pembangunan jembatan tersebut hanya sebesar Rp150 jutaan, akan tetapi karena kegotongroyongan masyarakat di wilayah jembatan tinggi, maka kualitas infrastruktur sungai tersebut sangat bisa diandalkan.

"Dan nanti akan kita tambah sebesar Rp100 juta untuk pembuatan talud di samping kiri dan samping kanan sungai. Dan ini (jembatan) sangat penting untuk menopang perekonomian masyarakat, karena di sini banyak kerajinan bambu dan industri rumahan," katanya.

Dia mengatakan, dan ternyata setelah jembatan selesai dibangun, kegiatan perekonomian masyarakat naik pesat. "Maka saya fokus sini, agar masyarakat di sini merasa ada manfaatnya mempunyai wakil DPR," katanya.


 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024