PSSI: Timnas Indonesia siap berlaga di Piala AFF 2021

id timnas indonesia,piala aff,shin taeyong,pssi

PSSI: Timnas Indonesia siap berlaga di Piala AFF 2021

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menegaskan bahwa tim nasional Indonesia siap berlaga di Piala AFF yang berdasarkan jadwal terkini akan berlangsung pada 11 April-8 Mei 2021.

"Kami akan menyiapkan tim sebaik mungkin, apalagi kami memberikan target kepada pelatih Shin Tae-yong agar timnas Indonesia bisa juara di turnamen tersebut," ujar Iriawan, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Minggu.

Pria yang biasa disapa Iwan Bule itu pun meminta seluruh pesepak bola aktif Indonesia untuk menjaga kondisi fisik dan performanya agar dapat terpilih ke skuat timnas.

"Kami berharap pemain tetap semangat dan berlatih keras untuk memberikan yang terbaik untuk timnas Indonesia," kata Iriawan.

Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) memutuskan Piala AFF akan digelar pada 11 April-8 Mei 2021.

Sebelumnya, turnamen itu dijadwalkan bergulir pada November dan Desember 2020, tetapi ditunda lantaran pandemi COVID-19.

Menurut AFF, Piala AFF tersebut direncanakan tetap berformat kandang dan tandang di negara-negara Asia Tenggara di mana situasi pandemi COVID-19 cenderung terkendali.

"Meskipun kami sangat menyadari bahwa perjuangan melawan pandemi global belum berakhir, kami sangat optimistis untuk Piala AFF 2020 berlangsung dalam format penuh karena kami berharap dapat memberikan yang terbaik dari ASEAN di turnamen tahun depan," kata Presiden AFF Mayor Jenderal Khiev Sameth.

Seperti diketahui, timnas Indonesia belum pernah sekali pun menjuarai Piala AFF.

Prestasi terbaik Indonesia di turnamen yang dimulai sejak tahun 1996 itu adalah peringkat kedua atau 'runner up' yang diraih lima kali yakni pada edisi 2000, 2002, 2004-2005, 2010 dan 2016.

Di Piala AFF, timnas Indonesia akan dilatih juru taktik asal Korea Selatan Shin Tae-yong, yang juga pelatih Indonesia di Piala Dunia U-20 tahun 2021.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar