Sleman luncurkan "Borong Bareng" untuk tingkatkan daya saing produk lokal

id Borong bareng,Bupati Sleman,Hari batik Nasional,Kabupaten Sleman,Sleman,Batik

Sleman luncurkan "Borong Bareng" untuk tingkatkan daya saing produk lokal

Bupati Sleman Sri Purnomo bersama jajaran melakukan penempelan stiker "Borong Bareng" di produk lokal Kabupaten Sleman. Foto Antara/ HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, terus berupaya meningkatkan daya saing produk lokal dengan meluncurkan slogan "Borong Bareng" di gedung baru Dekranasda, Sleman, Jumat.

Peluncuran dilakukan Bupati Sleman Sri purnomo bersama jajaran dengan menempelkan stiker logo "Borong Bareng" di atas kemasan produk kerajinan dan makanan lokal.

Kegiatan yang bersamaan dengan peringatan Hari Batik Nasioy ini juga disiarkan secara daring, kemudian diikuti secara serentak di 17 lokasi kapanewon (kecamatan) oleh 17 panewu (camat).

Sri Purnomo berharap dengan slogan baru tersebut masyarakat di Kabupaten Sleman lebih tertarik untuk memborong produk sendiri, sehingga aksi ini diharapkan akan semakin mendorong masyarakat dalam menciptakan produk-produk yang berdaya saing tinggi.

"Yang penting diminati dulu oleh warga masyarakat Sleman. Kemudian dilarisi oleh warga masyarakat Sleman. Setelah itu bisa dipasarkan lebih luas lagi," katanya.

Ketua panitia peluncuran slogan "Borong Bareng" Rian Hernawan mengatakan kegiatan tersebut bersamaan dengan acara puncak Peringatan Hari Batik Nasional 2020 yang jatuh pada hari yang sama.

Selain itu menurutnya kegiatan ini juga merupakan bagian dari rangkaian acara Grand Launching Gedung Dekranasda Kabupaten Sleman 2020.

"Dalam acara ini juga ditampilkan 64 karya terbaik dari 32 perajin batik yang terkurasi pada Gelar Karya Batik Sleman 2020. 36 perajin batik yang berpartisipasi pada Gerakan Sleman Batik Great Sale 2020 juga turut memeriahkan acara ini," katanya.

Pada acara tersebut juga digelar Batik Fashion Show karya tiga desainer yang melibatkan lima perajin batik Sleman.

Untuk rangkaian acara Grand Launching Gedung Dekranasda Kabupaten Sleman 2020, kedepannya akan digelar beberapa kegiatan, diantaranya dekorasi Pohon Natal setinggi dua meter di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center dari Perajin Batik Sleman pada Oktober sampai Desember 2020.

Kemudian Workshop Batik pada November 2020, dan puncak acara Grand Launching Gedung Dekranasda Kabupaten Sleman pada Desember 2020.
Pewarta :
Editor: Eka Arifa
COPYRIGHT © ANTARA 2024