Bupati Sleman mengukuhkan 50 Kader Pancasila

id Bupati Sleman,Kader Pancasila,Badan Kesbangpol Sleman,Kabupaten Sleman,Sleman

Bupati Sleman mengukuhkan 50 Kader Pancasila

Bupati Sleman Sri Purnomo mengukuhkan 50 Kader Pancasila Sleman. Foto Antara/ HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Purnomo mengukuhkan sebanyak 50 Kader Pancasila sebagai upaya untuk meningkatkan kembali penghayatan masyarakat terhadap nilai-nilai Pancasila, Rabu.

Kegiatan yang diinisiasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sleman ini diawali dengan workshop Revitalisasi dan Reaktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Berbasis Desa Berkarakter Pancasila, yang digelar mulai 12 hingga 14 Oktober 2020.

Bupati Sleman Sri Purnomo berharap kegiatan ini tidak hanya menjadi acara formalitas dan rutinitas saja. Namun diharapkan para kader benar-benar bisa mensosialisasikan apa yang mereka dapatkan selama lokakarya tiga hari tersebut.

"Diharapkan juga para kader bisa menjadi tauladan dalam mengamalkan nilai yang terkandung dalam Pancasila di kehidupan sehari-hari. Terlebih di era globalisasi dan kemajuan teknologi yang pesat ini, maka Pancasila harus bisa menjadi fondasi yang kuat agar tidak mudah dipecah belah," katanya.

Kepala Badan Kesbangpol Sleman Hery Sutopo mengatakan kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai sarana silaturahmi sekaligus sebagai media untuk menyegarkan kembali akan arti penting penanaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila.

"Peserta workshop yang berjumlah 50 orang yang juga dikukuhkan sebagai Kader Pancasila tersebut berasal dari tiga kelurahan (desa), yakni Kelurahan Tridadi, Kelurahan Maguwoharjo dan Kelurahan Sendangmulyo," katanya.

Menurut dia, para kader tersebut terdiri dari berbagai unsur, seperti Lurah, Carik Kelurahan, Ketua BPD, Ketua LPMD, TP PKK, Ketua Forum Komunikasi Kerukunan Umat Beragama Tingkat Kelurahan, Ketua Karang Taruna, Tokoh Masyarakat, Kader PKK, Wali Kerukunan Kapanewon dari FKUB Kabupaten Sleman.

"Workshop ini juga menghadirkan sejumlah narasumber, diantaranya Bupati Sleman, Ketua DPRD Sleman, Kepala Dinas PMD, Kepala Badan Kesbangpol Sleman, Akademisi UGM, Ketua FKUB Sleman dan ketua FPK Sleman," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar