AP I akan berdayakan koperasi dan UMKM di Kulon Progo

id Angkasa Pura I,Bandara Internasional Yogyakarta,Kulon Progo,UMKM

AP I akan berdayakan koperasi dan UMKM di Kulon Progo

Perjanjian Kerja Sama antara AP I dengan Pemkab Kulon Progo terkait pemberdayaan koperasi dan UMKM. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, terkait dukungan pemberdayaan koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah di wilayah itu.

Pelaksana tugas General Manager Bandara Internasional Yogyakarta, Agus Pandu Purnama di Kulon Progo, Rabu, mengatakan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Angkasa Pura I dan Pemkab Kulon Progo diwakili Dinas Koperasi UMKM Kulon Progo ini dilakukan sebagai sinergi untuk mewujudkan pemberdayaan UMKM di Kabupaten Kulon Progo.

Ruang lingkup PKS ini meliputi pemberdayaan koperasi dan UMKM di Kabupaten Kulon Progo melalui pelatihan dan pendampingan kegiatan usaha serta prosedur dan pengawasan penyaluran Dana Kemitraan kepada Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Kulon Progo.

“PT Angkasa Pura I (Persero) sebagai salah satu BUMN pengelola bandara di Indonesia senantiasa berkomitmen untuk turut memajukan perekonomian masyarakat, khususnya di wilayah sekitar bandara. Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo yang telah beroperasi sejak Mei 2019 terbukti telah memberikan dampak positif pada pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Kulon Progo yang mencapai 11,5 persen pada t2019,” kata Agus Pandu Purnama.

Ia mengatakan sebagai bentuk komitmen dalam memberikan kontribusi pada masyarakat dan pengembangan daerah, khususnya di Kabupaten Kulon Progo, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Yogyakarta melibatkan Diskop UMKM Kabupaten Kulon Progo dalam memberikan rekomendasi UMKM yang dapat dikembangkan melalui program pemberdayaan, pelatihan, dan pembinaan CSR PT Angkasa Pura I (Persero).

Januari hingga Oktober 2020, total terdapat 21 UMKM dari berbagai sektor usaha telah menjadi mitra binaan PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Yogyakarta dan 12 di antaranya merupakan UMKM yang berasal dari Kabupaten Kulon Progo.

“Kami sampaikan bahwa agenda penandatanganan PKS pada hari ini selaras dan sejalan dengan fungsi perusahaan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah melalui pengembangan konektivitas maupun dukungan terhadap UMKM,” tegas Agus Pandu Purnama.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kulon Progo Jumanto yang dalam hal ini mewakili Bupati Kulon Progo mengapresiasi dan berterima kasih pada General manager PT. Angkasa Pura I Persero dan Dinas Koperasi dan UMKM Kulon Progo yang telah melaksanakan penandatanganan ini.

Ia berharap perjanjian bersama ini dapat ditindaklanjuti dan direalisasikan dalam bentuk kegiatan dan dapat mendorong serta memberdayakan peningkatan kapasitas, kualitas, serta daya saing koperasi dan UMKM terutama dalam memanfaatkan peluang keberadaan Bandara International Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo tepatnya di Kapanewon Temon.