BCA mendukung Startup Weekend Indonesia

id bca,startup

BCA mendukung Startup Weekend Indonesia

Direktur BCA Hendra Lembong (tengah layar) (HO-Istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung penyelenggaraan Startup Weekend Indonesia, suatu program yang memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk mengadaptasi teknologi, inovasi, dan mengatasi tantangan global, dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda.

"BCA sebagai institusi perbankan swasta terbesar di Indonesia terus mendukung adanya transformasi digital untuk turut memajukan ranah ekonomi digital di Indonesia," kata Direktur BCA Hendra Lembong dalam rilis, Minggu.

Kendati dalam kondisi pandemi COVID-19, rangkaian acara pertama The NextGen Orientation Day Startup Weekend Indonesia dilaksanakan secara virtual di Jakarta pada Kamis (1/10).

Acara ini menghadirkan Direktur BCA Hendra Lembong sebagai panelis bersama dengan Regional Director APAC, Community at Techstars Lalitha Wemel. 

"Tidak dapat dipungkiri bahwa kini pertumbuhan startup di Indonesia semakin berkembang pesat. Anak-anak muda zaman now pun sudah semakin banyak yang mempunyai kapabilitas dalam menginisiasi startup yang akan dijalankan, bahkan sekarang sudah sampai skala nasional," kata Hendra.

Program ini tidak hanya membantu anak-anak muda dalam mengasah "soft skill" dan "hard skill"-nya, namun juga sekaligus memberi harapan untuk mereka dalam mewujudkan startup impiannya.

Hendra menambahkan bahwa kunci sukses sebuah startup dimulai dari hal kecil, yaitu berupa keingintahuan akan permasalahan yang ada di sekitar. Dalam mengadaptasi teknologi yang ada sekarang, generasi penerus harus "aware" terhadap berbagai isu serta kebutuhan lingkungan sekitar.

"Dengan demikian, bisnis berbasis teknologi tersebut tidak hanya melahirkan keuntungan semata, tetapi juga akan membawa manfaat bagi orang banyak," katanya.

Acara ini dihadiri oleh lebih dari 1.000 mahasiswa di 10 kota di Indonesia, meliputi Jakarta, Bandung, Semarang, Malang, Yogyakarta, Banjarmasin, Manado, Pekanbaru, Batam, dan Bali dengan merangkul lebih dari 20 universitas.

Melalui program yang ada, selain menciptakan masa depan yang lebih baik, tentu diharapkan juga bagi anak muda akan terciptanya kreativitas, ketangkasan, ketahanan, dan rasa empati yang tinggi.

"Saya berharap melalui program Startup Weekend Indonesia ini startup-startup yang tengah diinisiasi oleh anak-anak muda ini ke depan mampu bersaing secara global dan memberikan nilai tambah di tengah tumbuhnya digitalisasi Indonesia, sesuai dengan semangat sumpah pemuda," kata Hendra.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024