KPU DIY minta masyarakat tak khawatir datang ke TPS

id Pilkada 2020,DIY,Protokol kesehatan,covid-19

KPU DIY minta masyarakat tak khawatir datang ke TPS

Ilustrasi - Pilkada serentak. ANTARA/Ardika (.)

Yogyakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta berharap masyarakat di Kabupaten Bantul, Gunung Kidul, dan Sleman tidak khawatir menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 2020 karena berbagai sarana penerapan protokol kesehatan telah disiapkan di TPS.

"Kami berharap masyarakat menyadari dan taat protokol COVID-19 sehingga nanti tidak perlu khawatir kalau ke TPS," kata Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU DIY Muhammad Zainuri Ihsan di Yogyakarta, Selasa.

Partisipasi masyarakat menggunakan hak pilihnya, menurut Zainuri, merupakan penentu utama keberhasilan pilkada. Kendati di masa pandemi, KPU DIY menargetkan tingkat partisipasi pemilih mencapai 80 persen.

"Semoga bisa tercapai. Melihat partisipasi pemilih di DIY pada pemilu-pemilu sebelumnya cukup tinggi. Pada 2019 DIY urutan kedua setelah Papua," kata dia.

Menurut dia, untuk menghindari penularan COVID-19 di TPS, KPU telah menyiapkan 15 jenis protokol kesehatan. Mulai dari imbauan membawa masker dan alat tulis sendiri, pengaturan jadwal kedatangan ke TPS, penyediaan sarana cuci tangan, pengukuran suhu tubuh, hingga penyediaan sarung tangan plastik untuk setiap pemilih.

"Selama pemungutan suara, TPS juga akan didisinfeksi secara berkala," kata dia.

Tidak hanya itu, seluruh penyelenggara pilkada yang bertugas di lapangan juga menjalani rapid test dan hingga saat ini belum ada kasus penularan di antara mereka.

"Kalau pun ada mereka sudah diganti saat terdeteksi reaktif. Alhamdulillah seluruh proses tahapan sudah lewat mulai dari pendaftaran calon perseorangan, hingga pencocokan dan penelitian (coklit) semuanya tidak ada kasus penularan," kata dia.

Menjelang pemungutan suara, menurut dia, KPU di tiga kabupaten akan menggelar simulasi pemungutan suara dengan penerapan protokol kesehatan.
 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024