Amar Bank pertahankan budaya kerja ala startup untuk tetap produktif

id amar bank,startup

Amar Bank pertahankan budaya kerja ala startup untuk tetap produktif

Suasana kerja di Amar Bank (HO-Istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank), yang merupakan bank pertama dan satu-satunya yang berfokus pada pengembangan produk-produk bank digital di Indonesia, mempertahankan budaya kerja ala startup untuk tetap produktif terutama pada masa pandemi COVID-19.

"Selain mengembangkan inovasi teknologi di dunia perbankan, Amar Bank juga terus mengembangkan sumber daya manusia (SDM) untuk meningkatkan produktivitas karyawan terutama pada masa PSBB akibat pandemi COVID-19," kata Presiden Direktur Amar Bank Vishal Tulsian, dalam siaran pers, Kamis.

Sejak mulai bertransformasi pada 2015, Amar Bank telah menerapkan budaya kerja yang unik dengan didasarkan pada pola pikir startup. "Setiap perusahaan memiliki budaya kerjanya masing-masing. Budaya kerja di Amar Bank merupakan gabungan dari budaya kerja perusahaan rintisan (startup) dan budaya kerja perusahaan atau organisasi besar," katanya.

Mengapa demikian, karena pada umumnya sebuah perusahaan atau organisasi besar lebih fokus terhadap kesenjangan kinerja dan sudah memiliki standar tersendiri yang harus dipertahankan. Sedangkan di Amar Bank, yang menjadi fokus adalah kesenjangan peluang. Jadi, startup bukan hanya sekadar menjadi "tampilan" atau "julukan" saja, melainkan menjadi sebuah pola pikir.

Untuk menciptakan dan mempertahankan pola pikir startup, Amar Bank telah mengambil langkah yang dimulai dari penerapan strategi, struktur organisasi, hak pengambilan keputusan, culture building blocks, kegiatan rutin, sesi pembinaan rutin, dan pemberian insentif untuk mendorong perilaku karyawan yang sejalan dengan tujuan perusahaan.

Budaya kerja yang diterapkan tersebut juga diarahkan untuk membawa perubahan positif dalam hidup orang banyak dan mampu meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik lagi. Hal ini sejalan dengan visi Amar Bank yang berkomitmen memberikan senyum melalui akses keuangan kepada lebih dari 200 juta masyarakat Indonesia pada tahun 2025.

"Kami meyakini ketika SDM kami atau yang kami sebut Amarites dapat berkembang, maka perusahaan juga akan semakin berkembang. Oleh karena itu, memastikan karyawan dapat bekerja dengan nyaman dan menyenangkan dengan memastikan mereka selalu tersenyum di tempat kerja sama pentingnya dengan membuat nasabah tersenyum. Karena di balik setiap pengalaman nasabah yang baik selalu dimulai dengan senyuman," ujar Vishal.

Amar Bank baru-baru ini menerima penghargaan Best Places to Work 2020 yang diberikan terutama karena penilaian atas lingkungan kerja perusahaan yang dinilai sebagai salah satu tempat terbaik untuk bekerja di Indonesia.

Pencapaian ini merupakan bukti kerja keras Amarites yang menjunjung tinggi culture-blocks perusahaan yaitu Experimentation, Growth, Fun, Big Dreams, Customer Focus dan Speed yang telah diimplementasikan dalam aktivitas pekerjaan sehari-hari.

Head of People Function Amar Bank Ratna Julia mengatakan saat ini perusahaan memiliki lebih dari 1.200 karyawan, 86 persen di antaranya adalah generasi milenial. Didominasi generasi milenial yang dekat dengan dunia digital, merupakan suatu keuntungan karena sesuai dengan posisi Amar Bank sebagai Bank Digital.

Oleh karena itu, dengan budaya kerja yang diterapkan perusahaan diharapkan para karyawan yang didominasi generasi milenial dapat mendorong dirinya untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan membangun karirnya serta impian masa depannya.

Dari hasil survei internal yang dilakukan Amar Bank, terdapat 3 poin yang membuat karyawan merasa puas bekerja, yaitu fleksibilitas dan kebebasan dalam pekerjaan, kesempatan belajar dan berkembang, dan peluang karir yang baik.

Ada beberapa karakteristik yang dapat diunggulkan dari pola pikir startup, dua di antaranya adalah kemampuan untuk melakukan eksperimen dan berani mengambil resiko. "Untuk mewujudkan pola pikir tersebut, Amar Bank memulai dengan membangun budaya perusahaan yang menyerupai startup," katanya.

Senior Product Manager Amar Bank Yoel Frans Alfredo mengatakan dukungan  perusahaan dan budaya kerja di Amar Bank memberikan ruang bagi karyawan untuk mengaktualisasi dan mengeksplorasi diri secara maksimal.

Dengan perubahaan cara kerja menjadi WFH, pekerjaan tetap dapat berjalan dengan lancar, karena perusahaan telah terbiasa melakukan semua pekerjaan secara remote working atau bekerja jarak jauh dengan cloud-based platform.”

Penerapan budaya kerja dengan pola pikir startup juga dirasakan positif oleh Front-end Engineer Amar Bank Danan Joyo yang mengatakan bekerja di Amar Bank telah banyak memberikan perubahan yang positif.

"Dengan lingkungan kerja yang mayoritas generasi muda, proses kerja sama tim dan diskusi bisa dilakukan dengan minim hambatan. Dan yang terpenting, bekerja di sini bukan hanya tentang keuntungan perusahaan, tapi juga peduli dengan perkembangan karyawannya," ujarnya.

Content Coordinator Amar Bank Audrey Gabriella juga menambahkan ketika bergabung dengan Amar Bank, dirinya tidak mengira bisa belajar banyak hal. Jika di perusahaan sebelumnya dirinya kurang diberi kesempatan untuk berkembang dan hanya menjadi spesialis, namun justru di Amar Bank dapat berkembang jadi generalis yang bisa belajar banyak hal. 

"Semua kesempatan tersebut bisa didapatkan karena perusahaan menerapkan nilai 'Experimentation'. Nilai positif tersebut tentunya dapat memberikan saya kesempatan untuk mencoba hal-hal baru yang bisa mengembangkan hasil pekerjaan yang optimal," katanya.

Pada bulan Oktober ini, Amar Bank juga menjalankan kampanye internal bernama "That Means a Lot", dengan tujuan untuk memberikan apresiasi antarrekan kerja dan memotivasi satu sama lain untuk selalu bersemangat dalam bekerja, dan meningkatkan rasa bangga setiap karyawan. 

Dalam kondisi pandemi COVID-19, tantangan untuk bisa mempertahankan kualitas SDM terbaik sangat besar, terutama dari aspek semangat, motivasi, serta faktor kesehatan karyawan.

"Oleh karena itu, kami mengadakan berbagai inisiatif dan kegiatan untuk terus meningkatkan 'employee engagement' serta memberikan motivasi kepada para karyawan selama WFH. Hal itu menunjukan bahwa Amar Bank saling memberikan semangat satu sama lain untuk menjaga motivasi bekerja," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar