Yogyakarta menyalurkan beasiswa bagi 100 mahasiswa dari keluarga kurang mampu

id beasiswa,keluarga kurang mampu,yogyakarta

Yogyakarta menyalurkan beasiswa bagi 100 mahasiswa dari keluarga kurang mampu

Penyaluran beasiswa untuk siswa dari keluarga kurang mampu di Kota Yogyakarta, 22 Oktober 2020 (Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Yogyakarta menyalurkan beasiswa bagi 100 mahasiswa berprestasi yang berasal dari keluarga tidak mampu sebagai bentuk dukungan pemerintah untuk meringankan beban biaya pendidikan.

“Beasiswa ini bersumber dari APBD Pemerintah Kota Yogyakarta 2020 dan hanya diberikan kepada mahasiswa dari keluarga kurang mampu, tentunya dengan syarat-syarat tertentu,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Budhi Asrori di Yogyakarta, Kamis.

Sejumlah syarat yang ditetapkan di antaranya memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) yang baik, akreditasi perguruan tinggi, dan syarat lainnya. Bahkan, indeks prestasi terendah dari 100 mahasiswa yang menerima beasiswa tersebut adalah 3,75.

Sebanyak 72 mahasiswa tercatat menjalani kuliah di perguruan tinggi negeri seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Pembangunan Nasional (UPN), UIN, dan ITS, serta sisanya 28 menjalani kuliah di universitas swasta.

Beasiswa tersebut menjadi bagian dari jaminan pendidikan daerah (JPD) Kota Yogyakarta dan akan disalurkan dalam bentuk tabungan melalui BPD DIY.

Selain untuk mahasiswa, sebanyak 74 siswa SD dan SMP dari keluarga tidak mampu namun tidak masuk dalam program KSJPS di Kota Yogyakarta juga menerima beasiswa yang bersumber dari corporate social responsibility (CSR) BPD DIY. Tiap siswa menerima beasiswa Rp1,5 juta yang juga disalurkan dalam bentuk tabungan.

Sementara itu, Direktur Pemasaran BPD DIY Agus Tri Murjanto mengatakan, pada 2020 mengalokasikan dana CSR khusus untuk Kota Yogyakarta sebesar Rp1,1 miliar yang terbagi dalam lima program.

Program tersebut adalah Gandeng Gendong, pelayanan ambulans di rumah sakit dan penambahan fasilitas kesehatan, beasiswa untuk SD dan SMP 74 orang, beasiswa untuk SMA 36 siswa, serta beasiswa untuk mahasiswa 38 orang.

“Di tengah pandemi seperti sekarang ini, maka kami berharap bantuan dalam bentuk CSR ini bisa meringankan beban masyarakat sekaligus memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar,” katanya.

Sedangkan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti yang menyampaikan secara simbolis beasiswa tersebut menyatakan bahwa beasiswa akan sangat meringankan beban biaya pendidikan.

Ia pun mengajak seluruh korporasi di Kota Yogyakarta untuk meningkatkan kepedulian terhadap dunia pendidikan dengan memberikan bantuan beasiswa melalui CSR.

“Pemberian beasiswa akan memberikan harapan dan semangat bagi pelajar untuk terus giat belajar, dan tentu saja hal ini menjadi modal yang baik untuk menciptakan generasi yang unggul,” katanya.

Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024