PMI DIY melatih relawan tangani jenazah COVID-19

id Relawan,PMI,DIY,Pemulasaraan,Jenazah covid-19,PMI DIY latih relawan,relawan tangani jenazah COVID-19

PMI DIY melatih relawan tangani jenazah COVID-19

Sukarelawan PMI DIY mengikuti pelatihan pemulasaraan jenazah COVID-19 di Pusdiklat PMI DIY. (ANTARA/HO/PMI DIY)

Yogyakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Komite Palang Merah Internasional (ICRC) melatih para sukarelawan mengenai manajemen pemulasaraan jenazah COVID-19.

"Ini sangat penting mengingat salah satu pelayanan PMI dalam tanggap darurat bencana penanganan COVID-19 adalah pelayanan ambulans. Dalam pelayanan ambulans, relawan PMI membantu masyarakat dalam pemulasaran jenazah melalui ketugasan dari Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di masing-masing wilayah," kata Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo di Yogyakarta, Jumat.

Meski mendapatkan pelatihan, Prabukusumo berharap para relawan tetap mematuhi protokol kesehatan untuk melindungi diri sendiri. "Selain itu saya juga berharap relawan bekerja dengan ikhlas," kata dia.

Kegiatan yang diikuti oleh 16 orang relawan dari PMI Kabupaten/kota di DIY ini berlangsung selama empat hari pada 20-23 Oktober dengan metode kombinasi luring dan daring.

Wakil Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan PMI DIY dr. Endang Pudjiastuti mengungkapkan bahwa pelatihan itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan relawan PMI DIY dalam manajemen pemulasaraan jenazah sekaligus menyusun standar prosedur (SOP) pemulasaraan jenazah.

Hingga saat ini, menurut dia, PMI DIY telah melaksanakan pelayanan ambulans, khususnya pemakaman sebanyak 239 kali, baik karena COVID-19 maupun Non-Covid-19 di PMI Kabupaten/Kota.

"Banyaknya pelayanan khususnya pemakaman menuntut PMI untuk semakin meningkatkan kapasitasnya," kata Endang.

Movement Cooperation Officer, International Committee of the Red Cross (ICRC) Febi Dwi Putri berharap dengan pelatihan manajemen pemulasaran jenazah relawan yang bekerja dalam penanganan jenazah selama masa pandemi dapat melakukan tugasnya dengan aman dan selamat.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024