Pasokan BBM dan elpiji di DIY aman pada libur panjang

id Bbm,Elpiji,Aman,Libur panjang,Yogyakarta

Pasokan BBM dan elpiji di DIY aman pada libur panjang

Ilustrasi. Pengendara motor mengisi bahan bakar di SPBU Pertamina. (ANTARA/HO/Pertamina)

Yogyakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV memastikan kesiapan pasokan BBM dan elpiji di Daerah Istimewa Yogyakarta aman menjelang  dan saat libur panjang akhir Oktober 2020 yang bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Saat ini kondisi stok di seluruh fuel terminal dalam keadaan aman dan penyaluran harian BBM di DIY untuk gasoline yaitu 1.569 KL dan gasoil 355 KL. Sedangkan penyaluran harian elpiji di DIY berada di angka 446 Metric Ton (MT) per harinya," kata Pjs. Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina MOR IV, Marthia Mulia Asri dalam keterangan tertulis di Yogyakarta, Jumat.

Ia mengatakan angka konsumsi harian gasoline beranjak naik semenjak diberlakukan tatanan normal baru di masa pandemi dengan tingkat kenaikannya mencapai 3 persen dibandingkan bulan lalu.

"Jenis BBM yang dikonsumsi mayoritas adalah pertalite 63 persen dan pertamax 27 persen. Sementara elpiji relatif stabil," kata dia.

Pasokan BBM dan elpiji di wilayah Pertamina MOR IV didukung oleh tujuh fuel terminal yang berada di wilayah Rewulu, Semarang, Cilacap, Boyolali, Maos, Tegal dan Lomanis.

Khusus untuk elpiji, Marthia menambahkan, Pertamina akan terus memantau kebutuhan masyarakat mengingat selama cuti bersama diperkirakan aktivitas konsumen atau masyarakat akan meningkat.

Apabila ada kenaikan permintaan elpiji, menurut dia, Pertamina akan menyiapkan penambahan pasokan.

"Stok elpiji di SPPBE dan depot elpiji kami saat ini dalam kondisi aman sehingga apabila di beberapa hari ke depan dibutuhkan penambahan secara fakultatif, kami siap," kata dia.

Ia berharap masyarakat yang memiliki kemampuan ekonomi tetap menggunakan elpiji non subsidi yaitu varian bright gas.

Pertamina di wilayah DIY, kata dia, melayani penyaluran BBM melalui 114 SPBU Reguler serta elpiji melalui 62 Agen, 5.523 pangkalan elpiji PSO dan 980 outlet elpiji Non PSO yang tersebar di seluruh DIY.

"Selain menyiagakan stok BBM dan elpiji, kami juga terus mengimbau kepada konsumen untuk tetap mematuhi protokol pencegahan penyebaran COVID-19," kata dia.