Kulon Progo kembangkan delapan kawasan agri bisnis

id Kawasan agri bisnis,Kulon Progo,kawasan ekonomi,Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo

Kulon Progo kembangkan delapan kawasan agri bisnis

Kasawan sentra bawang merah di Bulak Srikayangan, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengembangkan delapan kawasan agri bisnis pertanian dalam rangka meningkatkan nilai tukar petani dan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo Aris Nugraha di Kulon Progo, Minggu, mengatakan delapan kawasan agri bisnis pertanian, yakni kawasan pesisir sebagai sentra tanaman cabai dan tanaman hortikultura (sayuran, melon, dan semangka), Bulak Srikayangan (Desa/Kalurahan Srikayangan, Demangrejo, Sukoreno, dan Tuksono) sebagai sentra bawang merah, kawasan Tawangsari sebagai sentra tanaman kelengkeng, sentra kopi, sentra kakao, sentra kebun teh yang ada di kawasan Bukit Menoreh (Kecamatan/Kapanewon Kalibawang, Girimulyo, dan Samigaluh), dan kawasan sentra durian ada di Kapenewon Kalibawang.

Kemudian, sentra peternakan kambing peranakan etawa ada di Girimulyo dan Samigaluh, di sana bisa dikembangkan sebagai agro edu wisata peternakan.

"Saat ini, delapan sentra tersebut mampu membangkitkan pertumbuhan ekonomi di wilayah setempat dan meningkatkan nilai tukar petani," kata Aris Nugraha.

Ia mengatakan pengembangan kawasan agri bisnis yang sedang dilaksanakan oleh Dinas Pertinian dan Pangan di Kulon Progo meliputi tanaman hortikultura, perkebunan, peternakan dan tanaman pangan. Kawasan tersebut merupakan sentra produksi produk pertanian yang disesuaikan dengan potensi lokal.

Pengembangan kawasan harus memenuhi tiga unsur, yakni produktivitas, kontinyuitas dan kualitas terpenuhi. "Hal ini hanya tercapai bisa diwujudkan dalam bentuk kawasan," katanya.

Aris mengharapkan dengan pengembangan kawasan pertanian ini, dari usaha produktif On Farm (budidaya) dan Off Farm (pasca panen) dapat dilaksanakan dalam satu kawasan, sehingga mampu mendongkrak ekonomi masyarakat.

"Hal ini bisa dilihat, sektor pertanian tidak terkena dampak pandemi COVID-19. Pertanian bisa menjadi sektor yang paling bisa beradaptasi dengan cepat, sehingga pertumbuhan ekonomi di sektor pertanian selalu positif," katanya.

Ketua DPRD Kulon Progo mengatakan pada era saat ini, inovasi sektor pertanian harus digalakkan supaya mampu menjadi daya ungkit perekonomian petani. Selain itu, perlu ada modernisasi alat pertanian supaya tidak ditinggalkan oleh generasi saat ini.

"Sektor pertanian ini masih dipandang sebelah mata, sehingga harus ada modernisasi dan inovasi sektor pertanian. Selain itu, perlu ditumbuhkan petani milenial yang mampu mengangkat pertanian menjadi sebuah lapangan pekerjaan yang menjanjikan secara ekonomi," katanya.