Southampton menundukkan Everton 2-0

id liga inggris,southampton,everton,james ward prowse,che adams

Southampton menundukkan Everton 2-0

Ekspresi kiper Everton Jordan Pickford (kanan) sementara pemain sayap Southampton Nathan Redmond (kiri) merayakan gol rekannya James Ward-Prowse dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion St. Mary's, Southampton, Inggris, Minggu (25/10/2020). (ANTARA/REUTERS/POOL/Frank Augstein)

Jakarta (ANTARA) - Southampton memungkasi kisah awal musim yang indah bagi Everton setelah menundukkan tamunya itu dengan skor 2-0 dalam laga pekan keenam Liga Inggris di Stadion St. Mary's, Minggu.

Hasil itu membuat catatan nirkalah Everton di awal musim ini berakhir sudah, kendati demikian tim besutan Carlo Ancelotti itu masih duduk di puncak klasemen sementara dengan koleksi 13 poin.

Raihan itu kemarin disamai oleh Liverpool, tetapi Everton masih punya keunggulan selisih gol surplus lima dibandingkan surplus satu yang dimiliki rival sekotanya.

Sedangkan bagi Southampton, hasil itu membuat mereka melompat naik ke peringkat kelima klasemen sementara dengan koleksi 10 poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Pasukan Ralph Hasenhuettl menunaikan ambisi sang pelatih ketika memasuki pertandingan dengan inisiatif menyerang lebih tinggi, tetapi Everton hampir mencuri keunggulan jika saja tembakan melengkung Gylfi Sigurdsson tak ditolak oleh mistar gawang pada menit ke-19.



Keberuntungan itu dibayar lunas oleh Southampton dengan kerja keras untuk membuka keunggulan pada menit ke-27, saat Danny Ings mengirim umpan terobosan yang diselesaikan James Ward-Prowse dengan sepakan cantik ke area tiang jauh tak terjangkau kiper Jordan Pickford.

Keunggulan Southampton itu digandakan delapan menit kemudian, ketika Sigurdsson gagal menyapu umpan silang Ings dan bola jatuh ke hadapan Che Adams untuk dilesakkan dengan sepakan kaki kanannya.

Gol itu membuat Ings pertama kalinya dalam 117 penampilan di Liga Inggris bisa mengemas dua assist dalam satu pertandingan.

Ancelotti berusaha mengatasi ketertinggalan dengan memasukkan Bernard menggantikan Alex Iwobi pada awal babak kedua, tetapi tak ada perubahan berarti bagi penampilan Everton.

Ings sendiri berpeluang untuk turut mencetak gol pada menit ke-62, tetapi ia kurang cepat menjangkau umpan tarik Stuart Armstrong kendati gawang Everton sudah ditinggalkan oleh Pickford.



Situasi bagi Everton kian berat sejak menit ke-72, ketika Lucas Digne diganjar kartu merah langsung oleh wasit Kevin Friend karena jegalan berbahaya terhadap Kyle Walker-Peters dari arah belakang. Dua kartu merah dalam dua laga beruntun, setelah Richarlison juga menerimanya di Derby Merseyside kontra Liverpool.

Itu sekaligus menjadi kartu merah ke-98 yang diterima Everton di Liga Inggris merupakan hukuman terbanyak di antara semua tim sepanjang era Liga Premier.

Ketika peluit tanda laga usai berbunyi, Everton menelan kekalahan pertamanya musim ini dan Dominic Calvert-Lewin gagal menyamai rekor penyerang tajam Manchester City Sergio Aguero, yakni selalu mencetak gol dalam enam pertandingan pertama sebuah musim Liga Inggris.

Kedua tim sama-sama memainkan laga pekan ketujuh mereka pada Minggu (1/11), saat Southampton bertandang ke markas Aston Villa dan Everton bertamu ke St. James' Park menghadapi Newcastle United.



Susunan pemain:

Southampton (4-4-2): Alex McCarthy; Kyle Walker-Peters, Jan Bednarek, Jannik Vestergaard, Ryan Bertrand; Stuart Armstrong (Ibrahmia Diallo), James Ward-Prowse, Oriol Romeu, Nathan Redmond; Che Adams (Dan Nlundulu), Danny Ings
Pelatih: Ralph Hasenhuettl

Everton (4-3-3): Jordan Pickford; Ben Godfrey, Yerry Mina, Michael Keane, Lucas Digne; Abdoulaye Doucoure (Anthony Gordon), Allan, Gylfi Sigurdsson (Fabian Delph); James Rodriguez, Dominic Calvert-Lewin, Alex Iwobi (Bernard)
Pelatih: Carlo Ancelotti
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024