Bawaslu Bantul tertibkan puluhan alat peraga kampanye

id Bawaslu Bantul,pilkada bantul, kpu bantul

Bawaslu Bantul tertibkan puluhan alat peraga kampanye

Kantor Bawaslu Bantul (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu bersama Tim Penertiban alat peraga kampanye tingkat Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta kembali menertibkan sebanyak 76 APK dalam Pemilihan Kepala Daerah 2020 karena pemasangannya tidak sesuai dengan regulasi yang berlaku.

"Tim penertiban APK tingkat Kabupaten Bantul hari ini kembali menertibkan APK berjumlah 76 buah yang terdiri baliho delapan buah, bendera 20 buah, rontek 34 buah dan spanduk 14 buah," kata Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Organisasi Bawaslu Bantul Nuril Hanafi usai penertiban di Bantul, Selasa.

Menurut dia, puluhan APK yang ditertibkan Tim Penertiban tingkat kabupaten yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), KPU, Bawaslu, Polres, Kodim, Dinas Perhubungan, dan Dinas Lingkungan Hidup itu berada di empat wilayah kecamatan yaitu Bantul, Sewon, Banguntapan, dan Dlingo.

"APK yang ditertibkan adalah yang melanggar peraturan seperti tata cara dan lokasi pemasangannya tidak sesuai dengan regulasi pada Peraturan KPU Nomor 11 tahun 2020, Peraturan Bupati Bantul Nomor 112 Tahun 2020, dan Keputusan KPU Bantul Nomor 343 Tahun 2020," katanya.

Menurut dia, penertiban APK dalam Pilkada sebagai upaya penindakan terhadap pelanggaran pemasangan media kampanye itu memang rutin dilakukan tim gabungan setiap pekan, dan pada penertiban Rabu (21/10) tim menertibkan sebanyak 386 APK yang meliputi 26 baliho, 175 bendera, 128 rontek, dan 57 spanduk.

"Meskipun sejak pagi diguyur hujan cukup deras, tim tetap bergerak menertibkan APK yang melanggar regulasi. Namun dikarenakan kondisi cuaca hujan yang bertambah semakin deras, dengan mempertimbangkan kondisi kesehatan, keselamatan, dan resiko di lapangan maka penertiban APK dihentikan sekitar pukul 10.30 WIB," katanya.

Bawaslu Bantul berharap, dengan penertiban APK ini dapat memberikan pemahaman dan kesadaran bagi para peserta pemilihan, baik itu tim kampanye, pendukung, relawan, dan para simpatisannya supaya dalam memasang APK dilakukan secara benar dan tepat.

"Juga sesuai dengan ketentuan dan regulasi yang berlaku, khususnya terkait tata cara dan lokasi pemasangan APK di wilayah Bantul sehingga ke depan nantinya tidak banyak lagi APK yang ditertibkan. Selanjutnya jadwal penertiban APK akan dilaksanakan pada 4 November 2020," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar