Pemkab Sleman melakukan pengujian pemetaan COVID-19 di objek wisata

id Rdt wisata sleman,Dinkes sleman ,Dispar sleman ,Kabupaten sleman ,Tebing breksi

Pemkab Sleman melakukan pengujian pemetaan COVID-19 di objek wisata

Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Sleman melakukan pengujian untuk pemetaan COVID-19 pada pengunjung dan pengelola destinasi wisata Tebing Breksi Prambanan. Foto Antara/HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, melalui Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanggulangan COVID-19 melakukan pengujian untuk pemetaan COVID-19 pada destinasi di wilayah Kabupaten Sleman.

"Pada hari ini destinasi yang digunakan sampling adalah Tebing Breksi Prambanan, karena berdasarkan koordinasi dengan Dinas Pariwisata Sleman destinasi di Sleman yang angka kunjungannya tinggi salah satunya adalah Breksi," kata Kepala Dinas Kesehatan Joko Hastaryo di Sleman, Kamis.

Joko yang juga sebagai "leading" dalam kegiatan itu mengatakan bahwa Pemetaan COVID-19 di destinasi wisata ini dengan mengambil 100 sampling dari pengunjung dan juga karyawan untuk dilakukan "Rapid Diagnostic Test" (RDT) tanpa dipungut biaya.

"Tujuan dari pemetaan ini untuk memperoleh data sebagai pengambilan kebijakan lebih lanjut terkait upaya pencegahan COVID-19 dari pergerakan sektor pariwisata," katanya.

Ia mengatakan, dengan libur panjang ini banyak wisatawan luar daerah yang berkunjung di destinasi-destinasi Sleman.

"Kami ingin mengetahui dan memastikan apakah pengunjung destinasi pariwisata juga berpengaruh dalam penyebaran COVID-19," katanya.

Ia mengatakan, untuk pengambilan sampling berikutnya pihaknya akan berkoordinasi lagi dengan Dinas Pariwisata Sleman untuk menentukan lokasi pengambilan sampling.

"Selain pengambilan sampling juga dilakukan edukasi pencegahan COVID-19 kepada pengunjung oleh relawan PMI Sleman, Saka Bhakti Husada, dinas Perhubungan, dan Sat Pol PP Sleman. Dari pengunjung rata-rata tertib dan bermasker," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih menjelaskan bahwa kegiatan Satgas ini penting dilakukan, bukan untuk membuat khawatir pengunjung ataupun pengelola destinasi, tetapi untuk memberi kepastian keamanan baik bagi pengunjung, pengelola, dan lingkungan destinasi pariwisata, serta untuk memastikan destinasi Sleman aman untuk dikunjungi.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar