Halland sumbang dwigol kala Dortmund menang 3-0 di kandang Brugge

id liga champions,club brugge,borussia dortmund

Halland sumbang dwigol kala Dortmund menang 3-0 di kandang Brugge

Penyerang Borussia Dortmund Erling Haaland (tengah) berduel memperebutkan bola dengan bek Club Brugge Odilon Kossounou (kiri) dan Clinton Mata (kanan) pada pertandingan Grup F Liga Champions yang dimainkan di Stadion Jan Breydel, Brugge, Rabu (4/11/2020). (ANTARA/AFP/BRUNO FAHY)

Kemenangan itu membawa Dortmund memuncaki klasemen grup dengan enam poin,...
Jakarta (ANTARA) - Penyerang Norwegia Erling Haaland menyumbang dwigol saat Borussia Dortmund menang 3-0 di kandang Club Brugge, pada pertandingan putaran ketiga Grup F Liga Champions yang dimainkan di Stadion Jan Breydel, Brugge, Rabu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Kemenangan itu membawa Dortmund memuncaki klasemen grup dengan enam poin, sedangkan Brugge tertahan di posisi ketiga dengan empat poin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Thorgan Hazard (14') mengemas gol pembukaan untuk Dortmund. Sebelum Haaland (18' dan 32') menyusulnya dengan sumbangsih dua golnya, yang semua tercipta pada babak pertama.

Kedua tim mencoba tampil agresif sejak awal. Brugge memiliki peluang pertama saat Noa Lang melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti yang masih dapat diblok Hazard. Namun gawang Brugge kemudian kemasukan, kiper Simon Mignolet meninju umpan silang kiriman Thomas Delaney, bola lantas dimasukkan Hazard ke gawang yang kosong.

Baca juga: Dua penalti Timor Werner antar Chelsea bungkam Rennes

Setelah kemasukan, Brugge kesulitan mengimbangi tempo permainan tamunya. Kesempatan itu dimanfaatkan Dortmund untuk tampil lebih tajam dan menggandakan keunggulan. Bola tendangan sudut dikirimkan Axel Witsel melintasi mulut gawang, yang diteruskan Haaland. Mignolet mampu menahannya, namun Haaland bergerak cepat untuk menyambar bola pantul.

Kiper Brugge Mignolet kembali dipaksa menyelamatkan gawangnya, kali ini dari sepakan voli Hazard dan sepakan Haaland. Sayangnya ia gagal mencegah Haaland mengemas gol keduanya, saat pemain Norwegia itu memaksimalkan umpan terobosan Thomas Meunier dan menyelesaikan peluang dengan sederhana.

Brugge memiliki peluang untuk memperkecil ketertinggalan menjelang turun minum, namun upaya Krepin Diatta masih dapat ditahan kiper Roman Buerki.

Setelah unggul tiga gol, Dortmund lebih mengendurkan tekanan. Kesempatan itu diambil Brugge untuk tampil lebih menyerang, dua peluang didapat dari Dennis dan Kossonou yang masih dapat ditahan kiper Roman Buerki dan barisan pertahanan tim tamu.

Seiring berjalannya waktu, Brugge tampil semakin agresif dan berusaha keras untuk setidaknya memperkecil ketertinggalan. Ruud Vormer mencoba peruntungannya dengan mencungkil bola dari sudut sempit, namun bola masih terlalu mudah untuk ditangkap kiper Buerki.

Baca juga: Juventus menang telak 4-1 atas Ferencvaros

Sejumlah peluang masih didapat Brugge, namun baik karena penyelamatan Buerki maupun karena kesalahan pada operan akhir, tidak ada ancaman yang benar-benar nyata ke gawang Dortmund. Tim tamu pun aman membawa pulang tiga poin berkat tiga gol di babak pertama.

Pada pertandingan putaran keempat, Dortmund akan ganti menjamu Brugge di Signal Iduna Park pada 25 November mendatang.

Susunan pemain seturut laman resmi UEFA:

Club Brugge (3-5-2): Simon Mignolet, Clinton Mata, Simon Deli, Odilon Kossounou, Eduard Sobol, Ruud Vormer (Eder Balanta 71'), Hans Vanaken (Siebe Schrijvers 85'), Mats Rits, Krepin Diatta, Noa Lang (Charles De Ketelaere 76'), Emmanuel Dennis (Michael Krmencik 85')
Pelatih: Philippe Clement

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Roman Buerki, Thomas Meunier (Mateu Morey 84'), Thomas Delaney (Jude Bellingham 72'), Manuel Akanji, Raphael Guerreiro, Mahmoud Dahoud, Axel Witsel, Thorgan Hazard, Julian Brandt (Marco Reus 72'), Giovanni Reyna (Felix Passlack 77'), Erling Haaland (Reinier 85')
Pelatih: Lucien Favre
 
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024