Johann Zarco kuasai trek basah Valencia di FP3, Miller masih tercepat

id motogp,johann zarco,grand prix eropa

Johann Zarco kuasai trek basah Valencia di FP3, Miller masih tercepat

Pebalap tim Esponsorama Racing Johann Zarco di sesi latihan Grand Prix Prancis, Sirkuit Bugatti, Le Mans. (10/10/2020) Reuters/Stephane Mahe

Jakarta (ANTARA) - Johann Zarco menguasai trek Sirkuit Ricardo Tormo yang basah di sesi latihan bebas ketiga Grand Prix Eropa, Sabtu pagi waktu setempat.

Pebalap tim Esponsorama Racing itu mencatatkan waktu satu menit 40,007 detik untuk memuncaki FP3, 0,736 detik lebih cepat dari Maverick Vinales yang finis peringkat dua, demikian laman resmi MotoGP.

Namun karena kondisi trek yang kurang menguntungkan, seluruh pebalap gagal tampil lebih cepat dari catatan waktu mereka di FP2 pada Jumat, yang berarti Jack Miller masih memiliki catatan waktu terbaik dari ketiga sesi latihan.



Miller, Aleix Espargaro, Franco Morbidelli, Takaaki Nakagami, Pol Espargaro, Alex Rins, Brad Binder, Andrea Dovizioso, Fabio Quartararo dan Joan Mir akan langsung lolos ke sesi kedua (Q2) babak kualifikasi berkat catatan waktu mereka di FP2 dengan trek yang lebih kering.

Sepuluh pebalap dengan catatan waktu tercepat dari tiga sesi latihan pertama akan otomatis lolos ke sesi kedua (Q2) kualifikasi guna memperebutkan posisi terdepan, sedangkan mereka yang finis di luar posisi itu harus bertarung melewati Q1 terlebih dahulu untuk dua tiket ke Q2.

Juara dunia sembilan kali Valentino Rossi kembali membalap akhir pekan ini setelah sembuh dari COVID-19 dan melewatkan dua seri di Aragon, serta dua sesi latihan pada Jumat di Valencia.

Pebalap Italia itu sempat digantikan oleh rookie Superbike Garrett Gerloff di FP1 dan FP2.



Rossi harus melewati Q1 terlebih dahulu bersama sejumlah pebalap cepat lainnya seperti Francesco Bagnaia, Alex Marquez, Zarco, dan Danilo Petrucci.

Sedangkan rekan satu timnya, Maverick Vinales akan start dari jalur pit karena menggunakan mesin keenamnya musim ini, melebihi batas alokasi mesin yang diperbolehkan dalam satu musim.

Selain itu garasi tim Monster Energy Yamaha dihantui kembali oleh kasus COVID-19 ketika satu anggota kru mereka positif dan menyebabkan empat anggota lainnya, termasuk bos tim Massimo Meregalli, harus mengisolasi diri dan bakal melewatkan dua balapan di Valencia.



Rookie KTM Tech3 Iker Lecuona melewatkan balapan akhir pekan ini karena harus menjalani karantina menyusul kontak dengan saudara dan asistennya yang kedapatan positif COVID-19.

Test rider Aprilia Lorenzo Savadori menggantikan peran Bradley Smith, yang sebelumnya ditugasi sebagai pengganti Andrea Iannone.

Stefan Bradl masih mengemban tugas dari Honda untuk menggantikan Marc Marquez yang cedera.

Brad Binder akan harus menjalani penalti long lap di balapan menyusul senggolan dengan Miller di Aragon.



Sepuluh catatan terbaik kombinasi latihan
1. Jack Miller (Pramac Racing) – 1:32,528
2. Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) + 0,092
3. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) + 0,276
4. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) + 0,338
5. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) + 0,424
6. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) + 0,629
7. Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) + 0,731
8. Andrea Dovizioso (Ducati Team) + 0,764
9. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) + 0,809
10. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 0,877
 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024