Pemda DIY menjamin persediaan sembako aman jelang libur akhir tahun

id Sembako,Yogyakarta

Pemda DIY menjamin persediaan sembako aman jelang libur akhir tahun

Kebutuhan pokok (FOTO ANTARA/Seno S)

Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta memastikan persediaan kebutuhan bahan pokok di daerah ini aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga libur panjang akhir tahun.

"Jadi secara keseluruhan untuk kesiapan hari besar keagamaan nasional (HBKN) dan cuti bersama, ketersediaan stok dari laporan kabupaten/kota aman," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag DIY Yanto Apriyanto di Yogyakarta, Rabu.

Menurut Yanto, terkait kesiapan menyambut libur panjang akhir tahun, Disperindag DIY telah menggelar rapat koordinasi bersama dinas terkait di kabupaten/kota, Bulog DIY, bersama Kementerian Perdagangan RI. "Kesimpulan dari keseluruhan paparan memang Desember ini masih aman," kata dia.

Meski secara umum persediaan masih aman dan harga-harga masih stabil, menurut dia, ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga, meski tidak signifikan.

"Contoh minyak goreng karena memang harga minyak dunia baru naik. Selain itu, cabai dan bawang merah juga mengalami kenaikan di atas harga acuan tetapi masih dalam batas toleransi," kata dia.

Sementara itu, untuk komoditas beras dan bawang putih, menurut dia, masih belum menunjukkan munculnya lonjakan harga. Bahkan di Kabupaten Bantul dan Sleman justru mengalami surplus beras.

"Kemarin sempat kami tawarkan operasi pasar (OP) beras, kedua kabupaten itu menolak karena surplus," kata dia.

Yanto mengakui masih menggelar OP beras di sejumlah kabupaten. Namun demikian, bukan karena adanya lonjakan harga, melainkan untuk menjaga harga beras tetap stabil.

Ia menyebutkan berdasarkan pemantauan di tiga pasar tradisional di Kota Yogyakarta yakni Pasar Demangan, Pasar Beringharjo, serta Pasar Kranggan pada 25 November 2020, harga beras IR II dijual dengan harga Rp9.600 per kg, beras IR I Rp 9.800 per kg, gula pasir Rp12.500 per kg, daging ayam broiler Rp35.000 per kg, telur ayam negeri Rp24.667 per kg, bawang merah Rp32.333 per kg, bawang putih kanting Rp27.000 per kg, cabai merah keriting Rp 29.667 per kg, serta cabai merah besar Rp35.000 per kg.

"Jadi masyarakat dan para pedagang jangan khawatir masalah stok. Kami dari pemerintah senantiasa memenuhi kebutuhan pasar," kata dia.
 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar