Satgas Nusantara Polri menggelar bakti sosial dan kesehatan di Bantul

id Baksos Polri,baksos di bantul

Satgas Nusantara Polri menggelar bakti sosial dan kesehatan di Bantul

Bakti sosial dan bakti kesehatan Satgas Nusantara Polri di Desa Tamantirto, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Nusantara yang dibentuk Kepolisian Republik Indonesia, bersama Kepolisian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan bagi masyarakat di wilayah Desa Tamantirto, Kabupaten Bantul, DIY.

"Pada kesempatan ini ada 1.500 paket sembako, yang nanti selama dua akan dibagikan oleh bhabinkamtibmas dan babinsa yang mendata dan mendistribusikan," kata Kepala Subsatgas Kemitraan Satgas Nusantara Brigjen Polisi Agus Pranoto di sela kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan di Bantul, Kamis.

Ia menjelaskan, 1.500 paket sembako yang dibagikan itu berisi lima kilogram beras, dua liter minyak goreng, satu kaleng biskuit, satu kilogram gula pasir dan satu kotak teh. Sementara kegiatan bakti kesehatan dengan melaksanakan rapid test bagi warga, pembagian handsanitizer, masker dan vitamin.

Untuk kegiatan di Balai Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan, dibagikan 100 paket sembako dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, sementara sisanya akan dibagikan secara langsung kepada masyarakat dari rumah ke rumah.

"Seluruh warga yang masuk area ini harus dilaksanakan rapid test, sehingga yang berada dalam area desa ini, baik dari polisi, petugas kesehatan maupun petugas pembagi baksos sudah dilakukan rapid test. Alhamdulillah mereka nonreaktif, sehingga bisa masuk," katanya.

Dia mengatakan, dalam kegiatan baksos diatur agar tidak terjadi kerumunan di balai desa. Petugas proaktif untuk memberikan ke warga yang sudah didata sebelumnya, supaya tidak terjadi kerumunan dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19 yang lebih luas lagi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul Helmi Jamharis menyambut positif kegiatan Satgas Nusantara berupa bakti sosial dan bakti kesehatan ini, karena di masa pandemi COVID-19 saat ini kondisi ekonomi masyarakat belum pulih 100 persen.

"Sehingga dengan adanya bakti sosial ini akan mengurangi beban warga masyarakat dan meringankan mereka yang mendapatkan paket-paket sembako yang telah disediakan," katanya.

Helmi yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Bantul ini mengatakan, untuk bakti kesehatan, berupa rapid test bagi masyarakat tentu sangat membantu gugus tugas dalam rangka monitoring kondisi kesehatan warga Bantul.

"Ada hal yang memang bisa kita dapatkan dari kegiatan ini, bahwa ada semangat kegotongroyongan yang dibangun Polri melalui kegiatan ini," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar