UPN Veteran Yogyakarta kerja sama dengan universitas di Rusia

id upn veteran yogyakarta,universitas rusia,indonesia rusia

UPN Veteran Yogyakarta kerja sama dengan universitas di Rusia

KBRI di Moskow memfasilitasiUniversitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Yogyakarta menjalin kerja sama dengan Tomsk State University (TSU) di Rusia. (KBRI)

KBRI Moskow sangat mendukung kerja sama antara UPNVY dengan TSU.

London (ANTARA) - Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Yogyakarta menjalin kerja sama dengan Tomsk State University (TSU) di Rusia.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Moskow memfasilitasi penandatanganan nota kesepahaman kerja sama antara kedua universitas pada Selasa (8/12).

"KBRI Moskow sangat mendukung kerja sama antara UPNVY dengan TSU," kata Kuasa Usaha Ad Interim/Wakil Duta Besar RI untuk Rusia merangkap Belarus Azis Nurwahyudi.

Baca juga: DPRD Yogyakarta merekomendasikan keringanan SPP dan pemberian beasiswa

UPN "Veteran" Yogyakarta dan TSU merancang kerja sama yang mencakup pertukaran mahasiswa dan pengajar, penyelenggaraan seminar dan konferensi, penelitian, serta kerja sama antar fakultas di bidang teknologi mineral, geologi, pertanian, ekonomi dan bisnis, ilmu sosial dan politik, dan budaya dan bahasa.

Rektor UPN "Veteran" Yogyakarta Dr. Mohamad Irhas Effendi mengemukakan bahwa kolaborasi internasional telah menjadi kebutuhan vital bagi institusi pada era ini dan ia berharap kerja sama dengan TSU bisa segera direalisasikan.

Sementara itu, Rektor TSU Prof. Dr. Eduard Galazhinskiy mengatakan bahwa ada peningkatan ketertarikan terhadap Indonesia di Rusia.

"Kami sangat senang mendalami budaya Indonesia dan saat ini terdapat peningkatan ketertarikan terhadap Indonesia di Rusia," kata Galazhinskiy, yang mendapat penghargaan Rector of the Year 2020 dari Menteri Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan Tinggi Rusia.

Baca juga: Pasien konfirmasi positif COVID-19 di DIY bertambah 168 orang

TSU merupakan salah satu perguruan tinggi terkemuka di Rusia yang berada di Tomsk, Rusia bagian tengah, sekitar 3.645 km dari Moskow. Universitas tersebut tahun ini berada di urutan keempat dalam daftar perguruan tinggi terbaik di Rusia dan peringkat ke-250 dalam daftar perguruan tinggi terbaik dunia berdasarkan QS World Ranking. 

Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar