Baznas DIY dan FOI salurkan makanan dan alat ibadah untuk pengungsi Merapi

id Baznas

Baznas DIY dan FOI salurkan makanan dan alat ibadah untuk pengungsi Merapi

Baznas DIY-FOI salurkan makanan dan alat ibadah kepada pengungsi Merapi. (Baznas DIY)

Yogyakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) menyalurkan makanan dan alat ibadah di barak pengungsian dalam rangka kesiapsiagaan erupsi Gunung Merapi di Balai Desa Glagaharjo, Sleman, Rabu (16/12).

FOI merupakan salah satu lembaga sosial yang hadir untuk membantu mengatasi kesenjangan pangan di masyarakat. Dalam praktiknya, FOI menjadi jembatan antara masyarakat yang berlebihan makanan dengan masyarakat yang membutuhkan. Sampai sekarang relawan mereka yang aktif berjumlah sekitar 30 s.d 50-an.

Sedangkan Baznas DIY sendiri sejak diumumkan bahwa Merapi berstatus siaga 3 pada tanggal 5 November 2020 terus berkomitmen memberikan bantuan dan membuat sejumlah program. 

Beberapa bantuan seperti alat masak, alat ibadah, baby kit, hyiegene kit serta mendirikan Dapur Air di Barak Glagaharjo. 

Baznas DIY bekerjasama dengan Pusat juga membuat bilik bilik di Barak Gayam yang merupakan pendukung Barak Glagaharjo. Bilik ini penting selama masa pandemi COVID-19.

"Semua yang dilakukan oleh BAZNAS semoga bisa bermanfaat buat masyarakat pengungsi Merapi, khususnya di Glagaharjo dan Gayam," ungkap Agus Sunarto selaku Komandan BAZNAS Tanggap Bencana DIY melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Kamis.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar