Basarnas Yogyakarta siagakan 50 personel pengamanan libur Natal dan tahun baru

id Siaga SAR Nataru

Basarnas Yogyakarta siagakan 50 personel pengamanan libur Natal dan tahun baru

Basarnas Yogyakarta Siaga Khusus menghadapi libur Nataru (Foto Humas Basarnas)

Yogyakarta (ANTARA) - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Yogyakarta menyiagakan 50 personel untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan merayakan libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) di objek wisata wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Untuk siaga SAR Khusus Nataru 2020 ini disiagakan personel berjumlah 50 orang, dan akan melaksanakan siaga 'mobile' di beberapa obyek wisata pantai yang menjadi destinasi wisata favorit DIY," kata Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta L. Wahyu Efendi dalam keterangan resmi di Yogyakarta, Jumat.

Dalam rangka persiapan pengamanan Nataru, Basarnas Yogyakarta pada hari ini menggelar apel gelar pasukan Siaga SAR Khusus Nataru yang diikuti seluruh personil SAR di Pendopo Kantor setempat. Siaga SAR khusus akan dilaksanakan sejak 18 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021.

Dia menjelaskan, untuk Pos Basarnas Gunung Kidul akan melaksanakan siaga mobile dari Pantai Sadeng, Pantai Wediombo, Pantai Indrayanti, Pantai Sepanjang, Pantai Baron serta pantai-pantai yang berbatasan antara Gunung Kidul dengan Bantul.

"Sedangkan untuk personil Unit Siaga Kulon Progo akan siaga mobile dari Pantai Trisik, Pantai Bugel, Pantai Glagah dan melaksanakan siaga mobile dan koordinasi dengan PT Angkasa Pura di Bandara Yogyakarta Internasional Aiport (YIA)," katanya.

Wahyu Efendi mengatakan, tujuan Siaga SAR Khusus adalah untuk mewujudkan pelayanan SAR yang profesional, sinergi dan militan untuk mendukung kebijakan pemerintah dan melaksanakan Siaga SAR Khusus Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 bekerja sama institusi terkait seperti TNI/Polri dan pemda.

"Dalam Siaga SAR Khusus Nataru dalam masa pandemi ini kita juga harus berkordinasi dengan Gugus Tugas COVID-19 dan potensi SAR," katanya.

Dia berharap, seluruh personil selalu mentaati protokol kesehatan selama pelaksanaan Siaga SAR Khusus Nataru, selain itu bagi seluruh personil dan potensi SAR untuk menjaga nama baik instansi atau organisasi dengan menunjukkan bekerja dengan profesional, sinergi dan militan.

Dia juga mengatakan, hal lain yang perlu diperhatikan adalah 'performance' personil Basarnas Yogyakarta, kebersihan kendaraan, dan kesiapsiagaan peralatan dalam mendukung Siaga Basarnas.

"Hal inilah yang menjadikan salah satu faktor yang menunjuang performance dan profesional Basarnas, sehingga lebih menyakinkan masyarakat terhadap kesiapan Basarnas memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan jasa SAR," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar