KPU Sleman menunggu konfirmasi MK ada tidaknya sengketa pilkada

id Pilkada Sleman ,KPU Sleman ,Pilkada serentak ,Kabupaten Sleman ,Sleman

KPU Sleman menunggu konfirmasi MK ada tidaknya sengketa pilkada

Ketua KPU Kabupaten Sleman Trapsi Haryadi. Foto Antara/Victorianus Sat Pranyoto

Sleman (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta saat ini masih menunggu konfirmasi dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait ada tidaknya gugatan sengketa dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman 2020 untuk keperluan penjadwalan penetapan pasangan terpilih.

"Sampai saat ini kami belum menerima surat atau pemberitahuan dari MK terkait ada dan tidaknya gugatan sengketa Pilkada Sleman," kata Ketua KPU Kabupaten Sleman Trapsi Haryadi di Sleman, Rabu.

Menurut dia, dengan belum adanya surat dari MK tersebut maka pihaknya juga belum dapat melakukan penjadwalan agenda penetapan pasangan Bupati Sleman dan Wakil Bupati Sleman terpilih.

"Karena tahapannya memang begitu, setelah penetapan rekapitulasi hasil perolehan suara maka pasangan calon dan pihak terkait lainnya diberi kesempatan untuk melakukan gugatan sengketa pilkada ke MK jika menemukan adanya suatu permasalahan dalam tahapan pilkada," katanya.

Ia mengatakan, jika tidak ada yang mengajukan gugatan sengketa, maka MK juga tetap akan menyampaikan bahwa tidak ada gugatan sengketa Pilkada Sleman yang masuk.

"Setelah ada surat dari MK maka kami tindaklanjuti dengan penetapan Bupati Sleman dan Wakil Bupati Sleman terpilih. Tiga hari setelah surat dari MK maka penetapan bisa dilakukan," katanya.

Sebelumnya KPU Sleman telah melakukan penetapan rekapitulasi perolehan suara masing-masing pasangan calon dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman 2020.

Dalam penetapan KPU Sleman tersebut diperoleh hasil pasangan nomor urut 03 Kustini Sri Purnomo - Danang Maharsa unggul dalam perolehan suara yakni sebanyak 217.921 suara atau 38,4 persen.

Kemudian pasangan nomor 02 Sri Muslimatun - Amin Purnama memperoleh suara sebanyak 177.588 suara atau 31,3 persen dan pasangan nomor 01 Danang Wicaksana Sulistya - Raden Agus Choliq mendapatkan 171.083 suara atau 30,2 persen.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar