Perempuan 90 tahun menjadi penerima vaksin COVID-19 pertama di Swiss

id penerima vaksin COVID pertama ,Swiss,Pfizer-BioNTech

Perempuan 90 tahun menjadi penerima vaksin COVID-19 pertama di Swiss

Seorang anggota staf Tentara Swiss menangani dosis pertama vaksin Pfizer/BioNTech yang tiba di lokasi yang dirahasiakan, Swiss, Selasa (22/12/2020). Foto diambil tanggal 22 Desember 2020. ANTARA FOTO/VBS/DDPS/Handout via REUTERS/foc/cfo

Lucerne (ANTARA) - Perempuan berusia 90 tahun di Kota Lucerne pada Rabu (23/12) menjadi orang pertama yang menerima vaksin COVID-19, saat militer Swiss mendistribusikan lebih dari 100.000 dosis suntikan ke seluruh wilayah.

Lucerne dan daerah perdesaan kecil Appenzell Innerrhoden menjadi yang pertama dari 26 wilayah di Swiss yang mulai meluncurkan vaksinasi setelah regulator merestui vaksin buatan Pfizer dan mitranya asal Jerman BioNTech selama akhir pekan.

"Penghuni panti jompo akan terlebih dahulu mendapatkan vaksin," demikian otoritas Lucarne melalui situs miliknya pada Rabu.

Perempuan, yang namanya dirahasiakan itu, tinggal di salah satu panti jompo di luar kota Lucarne.

Pemerintahan Swiss, yang menganut sistem desentralisasi, menyerahkan semuanya kepada daerah masing-masing untuk mengembangkan rencana vaksinasi terhadap 8,6 juta orang.

Zurich, dengan populasi terbesar, diperkirakan akan memulai vaksinasi pada 4 Januari.

Inggris mulai memvaksinasi warganya beberapa pekan lalu, dan Amerika Serikat juga telah mengizinkan penggunaan darurat vaksin COVID-19 buatan Pfizer-BioNTech dan Moderna.

Sumber: Reuters