Schalke 04 menunjuk Christian Gross sebagai pelatih

id schalke 04,christian gross,liga jerman

Schalke 04 menunjuk Christian Gross sebagai pelatih

Christian Gross ketika masih menjadi pelatih klub al-Ahli (2/10/2020) (Photo by - / AFP) (AFP/-)

Jakarta (ANTARA) - Schalke 04 telah menunjuk Christian Gross untuk menduduki posisi pelatih yang baru dengan kontrak sampai akhir musim, demikian diumumkan melalui laman resmi klub.

Gross merupakan pelatih ketiga Schalke musim ini. Sebelumnya mereka telah mempekerjakan David Wagner dan Michael Baum, yang masa kerjanya tidak bertahan lama.
 

Gross akan dibantu oleh sejumlah asisten pelatih yang telah lebih dahulu berada di Schalke, yakni Onur Cinel, Naldo, Matthias Kreutzer, dan pelatih kiper Simon Henzler.



"Bagi Schalke, lima bulan mendatang akan ditujukan kepada upaya bertahan di Bundesliga. Christian Gross telah memperlihatkan baik di Jerman dan Inggris, bahwa ia dapat sukses menghadapi tantangan-tantangan seperti ini," kata Kepala Komunikasi dan Olahraga Schalke Johan Schneider.

"Christian Gross akan memberi instruksi-instruksi yang jelas kepada tim dan akan mengarahkan kami ke jalan yang lurus dengan ekspektasi-ekspektasinya yang teguh. Kami yakin akan hal itu," tambahnya.

Gross sendiri yakin mampu mengemban tugas untuk menyelamatkan tim dari ancaman degradasi.

"Kami harus berorientasi kepada tujuan dan bekerja menuju hasil-hasil (positif). Saya ingin merasakan antusiasme dari para pemain sepanjang waktu. Kami harus memiliki atmosfer yang bagus di dalam dan di sekitar tim untuk dapat kembali sukses. Saya akan memberikan segalanya sehingga kami dapat mencapai tujuan-tujuan kami bersama-sama," kata Gross.



Gross bukan sosok yang asing di Jerman. Pelatih 66 tahun itu mewarisi VfB Stuttgart yang menduduki posisi ke-15 pada Desember 2009 dan memimpin mereka untuk finis di posisi keenam.

Ia juga mengecap kesuksesan di Totenhan Hotspur di mana ia mampu menyelamatkan tim London itu dari ancaman degradasi padamusim 1997/1998 berkat penampilan bagus pada paruh kedua musim.

Gross juga pernah melatih sejumlah klub Swiss yakni FC Wil, Grashopper Club Zurich, FC Basel, dan BSC Young Boys, dengan catatan enam gelar liga dan lima gelar piala.

Selain di Eropa, Gross memiliki pengalaman melatih di luar benua biru ketika memenangi gelar liga bersama Al Ahli di Arab Saudi.

Ia juga pernah melatih klub Turki Zamalek, yang dibawanya memenangi Piala Konfederasi CAF dua musim silam, kompetisi yang selevel dengan Liga Europa untuk kawasan Afrika.



 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024