Moeldoko sebut COVID-19 "game changer" yang mengubah segalanya

id covid-19,moeldoko,dampak covid

Moeldoko sebut COVID-19 "game changer" yang mengubah segalanya

Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, mengatakan pandemi Covid-19 merupakan game changer yang mengubah segalanya.

"Situasi saat ini, kita semua tahu bahwa Covid-19 game changer yang mengubah segalanya," ujar Moeldoko, dalam webinar refleksi akhir tahun yang diselenggarakan Dewan Pimpinan Pusat Forum Relawan Demokrasi (DPP Foreder) secara virtual di Jakarta, Rabu.

Moeldoko mengatakan APBN yang sudah disiapkan secara baik, harus berubah total akibat Covid-19, baik dari sisi kegiatannya, targetnya, besarannya dan seterusnya, karena adanya refocusing dan realokasi anggaran.

Dia menyampaikan sejauh ini pemerintah telah menyiapkan anggaran sangat besar untuk menghadapi Covid-19 beserta dampaknya, yakni sebesar Rp695,2 triliun.

Menurut dia, jika tidak ada Covid-19, dana sebesar itu dapat digunakan untuk membangun ibu kota baru.

"Ini 600 (Rp695,2 triliun) sebenarnya sudah bisa membangun ibu kota baru. Tapi ya situasinya memang seperti itu. Persoalan Covid-19 harus ditangani sungguh-sungguh," jelas dia.

Selain menyiapkan dana, pemerintah juga tanggap mengatasi persoalan dari berbagai sisi. Dari sisi kesehatan pemerintah telah menetapkan langkah 3T (tracing, testing, treatment) dan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

Ia mengatakan apabila kedua hal itu bisa berpadu secara baik, maka persoalan Covid-19 bisa dituntaskan.

Kemudian dari sisi kesejahteraan masyarakat, pemerintah berupaya memenuhi kebutuhan dasar publik dengan menggelontorkan bantuan sosial yang jumlahnya sangat besar dan diberikan berlapis baik oleh pemerintah pusat, daerah hingga kabupaten/kota.

Lalu dari sisi ekonomi, pemerintah berupaya membangkitkan ekonomi nasional dengan memberikan insentif serta stimulus baik kepada UMKM, usaha-usaha besar, koperasi maupun korporasi.

"Pemerintah masih berkomitmen tahun 2021 untuk melakukan upaya-upaya yang dapat meringankan beban masyarakat. Bentuknya mungkin berubah, dari yang sebelumnya berupa barang menjadi uang cash," jelas dia.

Lebih jauh Moeldoko menyampaikan pemerintah memerlukan dukungan penuh dari semua pihak, termasuk dari organisasi relawan dalam mengatasi pandemi Covid-19.

"Kehadiran teman-teman memberikan kekuatan bagi kita semuanya," ujar dia.



 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024