Lelang pekerjaan dari dana keistimewaan DIY ditargetkan selesai triwulan satu

id lelang,pekerjaan fisik,dana keistimewaan DIY

Lelang pekerjaan dari dana keistimewaan DIY ditargetkan selesai triwulan satu

Dokumentasi - Hasil revitalisasi jalur pedestrian di Jalan Jenderal Sudirman Yogyakarta dari simpang Gramedia hingga Jembatan Gondolayu, 9 Desember 2019. (Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta menargetkan lelang pekerjaan fisik yang dibiayai dengan dana keistimewaan pada tahun anggaran 2021 dapat diselesaikan pada triwulan pertama.

“Ada dua pekerjaan fisik yang rencananya dibiayai dengan dana keistimewaan. Seluruhnya diharapkan dapat selesai lelang pada triwulan pertama 2021,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta Hari Setya Wacana di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, DPUPKP Kota Yogyakarta tengah melakukan persiapan untuk pelimpahan dokumen pekerjaan ke Bagian Layanan Pengadaan untuk proses lelang.

“Dalam waktu dekat segera kami limpahkan dokumennya sehingga proses lelang bisa langsung dilakukan,” katanya.

Pekerjaan fisik dengan dana keistimewaan yang direncanakan dikerjakan tahun ini meliputi revitalisasi jalur pedestrian di Jalan Jenderal Sudirman dari simpang Galeria hingga simpang Gramedia.

Pekerjaan revitalisasi jalur pedestrian tersebut merupakan pekerjaan tahap ketiga yang dilakukan di ruas Jalan Jenderal Sudirman.

“Jadi, pekerjaan ini melanjutkan program revitalisasi jalur pedestrian yang sudah kami kerjakan sejak 2019 di Jalan Jenderal Sudirman,” katanya.

Konsep penataan jalur pedestrian yang akan diterapkan sejalan dengan penataan yang dilakukan di penggal Jalan Jenderal Sudirman dari Gramedia hingga Jembatan Gondolayu.

“Konsepnya seirama dengan pedestrian di sisi sebelah baratnya atau di kawasan Kotabaru,” katanya yang memastikan revitalisasi dilakukan di pedestrian sisi utara dan selatan sekaligus.

Selain itu, juga akan dilanjutkan penataan jalur pedestrian di Jalan KH Ahmad Dahlan. Pada tahun anggaran 2020, juga sudah dikerjakan penataan pedestrian di ruas jalan tersebut namun baru di satu sisi. “Tahun ini dilanjutkan untuk sisi lainnya,” katanya.

Hari pun menargetkan seluruh pekerjaan fisik yang didanai menggunakan APBD 2021 juga dapat selesai lelang pada triwulan pertama 2021.

“Dengan demikian, pekerjaan sudah dapat dieksekusi pada awal triwulan dua dan selesai pada akhir triwulan tiga. Itu harapan kami,” katanya.

Sejumlah pekerjaan yang akan dilakukan di antaranya pembangunan gedung tambahan untuk SD serta revitalisasi kantor kelurahan, dan penataan lapangan.

“Kami juga memperoleh dana alokasi khusus untuk pemeliharaan jalan,” katanya.

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024