Juve perlu perpanjangan waktu untuk usir Genoa dari Piala Italia

id piala italia,juventus,genoa

Juve perlu perpanjangan waktu untuk usir Genoa dari Piala Italia

Gelandang Juventus Hamza Rafia (tengah) merayakan gol penentu kemenangan yang dicetaknya pada pertandingan Piala Italia melawan Genoa yang dimainkan di Stadion Allianz, Turin, Rabu (13/1/2021). (ANTARA/AFP/MARCO BERTORELLO)

Bianconerri unggul dua gol terlebih dahulu melalui gol Dejan Kulusevski pada menit kedua dan Alvaro Morata pada menit ke-23.
Jakarta (ANTARA) - Juventus memerlukan perpanjangan waktu untuk menyingkirkan Genoa dengan skor 3-2 pada pertandingan 16 besar Piala Italia yang dimainkan di Stadion Allianz, Turin, Rabu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Bianconerri unggul dua gol terlebih dahulu melalui gol Dejan Kulusevski pada menit kedua dan Alvaro Morata pada menit ke-23.

Secara mengejutkan Genoa mampu bangkit dan menyamakan kedudukan melalui gol Lennart Czborra pada menit ke-28 dan Filippo Melegoni pada menit ke-74.

Juve baru mampu mengunci kemenangan melalui gol Hamza Rafia pada menit ke-105, demikian catatan laman resmi FIGC.

Pada putaran perempat final, Juve akan berhadapan dengan Sassuolo atau SPAL.

Baca juga: Napoli dipaksa bekerja keras saat unggul 3-2 atas Empoli

Sembilan puluh detik cukup bagi Juve untuk memecah kebuntuan, ketika Giorgio Chiellini mengirim umpan terobosan kepada Kulusevski untuk tanpa kesulitan dikonversi menjadi gol.

Kiper Genoa Alberto Paleari kemudian harus menggagalkan upaya Wesley, serta harus menahan sepakan Kulusevski untuk mencegahnya mengemas gol kedua.

Namun gawang Genoa kembali kemasukan saat Kulusevski menggiring bola masuk kotak penalti, dan pemain Swedia itu mengirimkan bola untuk diselesaikan Morata menjadi gol kedua.

Genoa kemudian mencetak gol melalui peluang pertama mereka. Umpan silang dari sisi kanan dapat disambut tandukan Czyborra untuk menjebol gawang tuan rumah.

Baca juga: Inter MIlan mengalahkan Fiorentina 2-1

Federico Bernardeschi memaksa kiper Genoa kembali melakukan penyelamatan, dan Arthur mencetak gol ke gawang tim tamu. Namun gol itu tidak disahkan karena Morata telah berada dalam posisi offside.

Manolo Portanova juga mencetak gol untuk Juve tapi kembali tidak disahkan karena offside.

Sepakan Morata kemudian dapat ditahan kiper Paleari, namun Genoa hampir menyamakan kedudukan ketika sepakan Marco Pjaca membentur mistar gawang.

Seiring berjalannya waktu Juve kehilangan intensitas dan Genoa justru mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Sepakan Melegoni dari luar kotak penalti melesak mulus ke sudut atas gawang.

Baca juga: Paolo Rossi, pahlawan Italia pada Piala Dunia 1982, tutup usia

Pelatih Juve Andrea Pirlo memasukkan Cristiano Ronaldo pada fase akhir pertandingan untuk menambah daya gedor timnya.

Ronaldo mendapat tendangan bebas, namun sepakannya melambung di atas mistar gawang.

Upaya keras Juve untuk merestorasi keunggulan baru tercipta pada perpanjangan waktu.

Pemain pengganti Rafia menyambut umpan silang mendatar Morata meski awalnya gagal menguasai bola. Itu merupakan gol perdana Rafia untuk Juve.

Genoa tidak menyerah dan hampir mencetak gol ke gawang Juve melalui sundulan Ivan Radovanovic, namun Arthur mampu menyapu bola sebelum melewati garis gawang.

Kulusevski juga memiliki peluang untuk mengunci kemenangan Juve saat ia mengintersep operan Rovella, namun kiper Paleari mampu menepis bola ke atas mistar gawang.

Susunan pemain seturut laman resmi FIGC:

Juventus (4-4-2): Gianluigi Buffon, Giorgio Chiellini (Leonardo Bonucci 64'), Merih Demiral (Danilo 64'), Federico Bernadeschi, Radu Dragusin, Wesley (Cristiano Ronaldo 88'), Manolo Portanova (Hamza Rafia 77'), Rodrigo Bentancur (Adrien Rabiot 46'), Arthur, Dejan Kulusevski, Alvaro Morata
Pelatih: Andrea Pirlo

Genoa (3-5-2): Alberto Paleari, Daniel Dumbravanu (Darian MAles 97'), Mattia Bani, Edoardo Goldaniga, Lennart Czyborra, Filippo Malegoni, Nicolo Rovella, Lukas Lerager, Paolo Ghiglione, Marko Pjaca, Gianluca Scamacca
Pelatih: Davide Ballardini
 
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024