Pertamina memastikan stok BBM dan elpiji aman selama PTKM di DIY

id Bbm,Yogyakarta,Pertamina

Pertamina memastikan stok BBM dan elpiji aman selama PTKM di DIY

Ilustrasi - Salah satu petugas SPBU sedang mengisi bensin di sepeda motor. Meski konsumsi BBM mengalami penurunan akibat pandemi, Pertamina tetap memastikan lancarnya pasokan di masyarakat. (ANTARA/Aris Wasita/am.)

Yogyakarta (ANTARA) - PT Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah memastikan ketersediaan BBM dan elpiji di Dearah Istimewa Yogyakarta aman selama kebijakan Pembatasan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) sampai 25 Januari 2021.

"Khusus di wilayah operasi kami yang meliputi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), ketahanan stok produk kami terutama BBM per hari ini adalah antara 11-16 ketahanan hari, artinya masih sangat aman untuk kelancaran pasokan," kata Pjs Unit Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah, Arya Yusa Dwicandra di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, konsumsi BBM jenis gasoline (pertamax series, pertalite) mencapai 1.350 kiloliter (KL) per hari dan untuk gasoil (biosolar dan dex series) berada di angka 297 KL per hari. Sementara untuk konsumsi LPG berada di angka 456 metric ton (MT) per hari.

Meski sempat mengalami kenaikan antara 10-20 persen pada saat libur panjang Natal dan Tahun Baru yang lalu, namun, kata dia, stoknya masih aman di sepanjang libur kemarin.

"Kami juga sudah menyelesaikan masa Satgas Natal dan Tahun baru pada 10 Januari yang lalu," kata dia.

Arya menambahkan, selain pengamanan stok, Pertamina juga kembali melakukan pengetatan protokol Covid-19, khususnya di fasilitas penyaluran BBM Pertamina.

"Setiap SPBU kami lakukan penyemprotan disinfektan secara rutin selama pandemi. Selain itu setiap petugas juga kami berlakukan prosedur dan kelengkapan seperti masker, sarung tangan, face shield, dan tempat cuci tangan," kata Arya.

Ia menambahkan, Pertamina terus mengimbau kepada konsumen dan pelanggan setianya untuk terus menerapkan protokol COVID-19 di mana saja, tidak terkecuali SPBU dan fasilitas Pertamina lainnya.

Selama penerapan PTKM di wilayah DIY, Pertamina mengimbau para konsumen menggunakan layanan pesan antara produk BBM dan LPG Pertamina.

"Bagi masyarakat atau konsumen yang berada di rumah saja dan membutuhkan produk BBM serta LPG, Pertamina memiliki layanan pesan antara atau Pertamina Delivery Service yang bisa didapatkan melalui kontak Pertamina 135. Produk yang kami layani pesan antar diantaranya untuk BBM yaitu Pertamax series dan Dex Series serta LPG Bright Gas 5,5 kg," kata Arya.



 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar