Bantul tinjau kesiapan sarana selter COVID-19 Sewon

id Tinjau shelter COVID-19,pemkab bantul

Bantul tinjau kesiapan sarana selter COVID-19 Sewon

Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul Helmi Jamharis bersama Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Budi Raharjo saat meninjau sarana shelter COVID-19 di BPSDMP Sewon, DIY (Foto Humas Bantul)

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meninjau kesiapan sarana dan prasarana selter COVID-19 atau tempat isolasi bagi warga terkonfirmasi positif terpapar virus corona di kompleks Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPSDMP) Kecamatan Sewon.

"Hari ini kami meninjau sarana dan prasarana selter BPSDMP dan tenaga kesehatan yang dipersiapkan untuk memfasilitasi para pasien COVID-19 untuk berkonsultasi," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul Helmi Jamharis, usai peninjauan selter COVID-19 di Bantul, Rabu.

Menurut dia, selter BPSDMP Sewon merupakan salah satu dari tiga selter di Bantul yang menjadi tempat isolasi bagi masyarakat atau pasien terpapar COVID-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG) dan gejala ringan.

Helmi yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Bantul menyatakan bahwa selter BPSDMP di Panggungharjo, Sewon, yang dikelola Pemkab Bantul ini memiliki klasifikasi fasilitas yang memadai dan nyaman bagi pasien positif yang dirawat di selter tersebut.

"Selter BPSDMP ini sendiri memiliki kapasitas sebanyak 125 tempat tidur, dan juga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat, sehingga nantinya jika ada masyarakat yang membutuhkan, selter ini bisa menjadi pilihan yang representatif," katanya.

Menurut dia, fasilitas yang disediakan selter ini adalah makan dan minum setiap hari, kebutuhan untuk mandi, dan juga vitamin yang bertujuan meningkatkan imunitas pada tubuh pasien positif dengan OTG.

Dia mengatakan, Pemkab Bantul berkomitmen untuk bisa menyediakan tempat tidur yang memadai, mengingat kasus COVID-19 hingga saat ini belum menunjukkan akan berakhir dan angka terpapar terus mengalami peningkatan setiap harinya.

"Mari, kita sama-sama bahu membahu untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan selalu menggunakan masker, menjauhi kerumunan, mencuci tangan, dan menjaga jarak, kita juga memberi semangat untuk sembuh kepada masyarakat yang terpapar," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar