Erupsi Merapi meningkat, AP I antisipasi kemungkinan bencana alam

id Angkasa Pura I,Erupsi merapi

Erupsi Merapi meningkat, AP I antisipasi kemungkinan bencana alam

Bandara Adi Soetjipto Yogyakarta, salah satu bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I (Angkasa Pura I)

saat ini Angkasa Pura I tengah melakukan sejumlah persiapan seperti, melaksanakan observasi bandara atau “aerodrome observation”...

Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (Persero), sebagai pengelola Bandara Adi Soemarmo Solo dan Bandara Adisutjipto Yogyakarta yang lokasinya berdekatan dengan Gunung Merapi, siap mengantisipasi kemungkinan terjadi bencana alam menyusul peningkatan intensitas erupsi Gunung Merapi pada Rabu (27/1).

Vice President Corporate Secretary Angkasa Pura I Handy Heryudhitiawan dalam keterangannya di Jakarta, Rabu mengatakan untuk mengantisipasi kondisi tersebut, saat ini Angkasa Pura I tengah melakukan sejumlah persiapan seperti, melaksanakan observasi bandara atau “aerodrome observation”berupa pengamatan lapangan, laporan visual (visual report) dan “paper test on airside” dan berkoordinasi dengan pihak terkait.

Kemudian, memonitor penerbitan Notam oleh Direktorat jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Baca juga: Luncuran awan panas guguran Gunung Merapi capai 3.000 meter

Selanjutnya, melaksanakan penilaian risiko keselamatan (safety risk assesment).

Menyiapkan skenario penanganan penumpang untuk mengantisipasi penumpukan di area keberangkatan, area check in, area publik, akibat pembatalan penerbangan (cancel flight).

Melaksanakan skenario pengalihan penerbangan yang berkoordinasi dengan stakeholder terkait dan melakukan pelayanan bagi penumpang yang terdampak keterlambatan penerbangan.

Baca juga: Warga Dusun Turgo Sleman dievakuasi ke barak Purwobinangun

Bandara Adi Soemarmo Solo beroperasi pada pukul 07.00 - 18.00 WIB, sedangkan Bandara Adisutjipto Yogyakarta beroperasi pada pukul 07.00 - 16.00 WIB. Angkasa Pura I terus berkoordinasi dengan otoritas dan pemangku kepentingan terkait dalam memonitor kondisi terkini dan menginformasikan ke publik mengenai status operasional kedua bandara tersebut.

"Kami tengah berkoordinasi intesif untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam lebih besar yang diakibatkan peningkatan erupsi Gunung Merapi. Seluruh penumpang yang akan terbang dari dan menuju Solo dan Yogyakarta, diharapkan untuk terus memantau status penerbangan Anda melalui pihak maskapai dan/atau dapat mengikuti perkembangan status operasional bandara terkini dengan menghubungi layanan Contact Center Angkasa Pura I di nomor 172 atau Twitter @AngkasaPura172," ujar Handy.


 

Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024