BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta menjalin kerja sama dengan Pemkab Bantul

id Bpjs ketenagakerjaan,Bantul,Kerja sama

BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta menjalin kerja sama dengan Pemkab Bantul

Penandatanganan nota kesepakatan bersama Pemkab Bantul dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Yogyakarta di Bantul, Kamis. (ANTARA FOTO/Luqman Hakim)

Bantul (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Yogyakarta menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bantul sebagai bentuk peningkatan hubungan antarlembaga.

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Bupati Bantul Suharsono dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Yogyakarta Asri Basir di Bantul, Kamis.

"Di Bantul tingkat kepesertaan sampai 2020 sudah di atas 100 persen. Mudah-mudahan dengan adanya MoU ini akan meningkat lagi," kata Asri Basir

Dia mengatakan penandatanganan nota kesepahaman itu keempat kali yang dilakukan di DIY setelah sebelumnya dilakukan di tingkat provinsi pada 23 November 2020.

"Berikutnya dilakukan di Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta, dan sekarang Bantul. Tinggal menyisakan Gunung Kidul," kata dia.

Ia menjelaskan isi dari kerja sama itu, antara lain mencakup pengawasan dan pelaksanaan program penyelenggara jaminan sosial ketenagakerjaan di Kabupaten Bantul.

Jika ditemukan perusahaan di Bantul yang belum mendaftarkan sebagian atau seluruh tenaga kerjanya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, ia berharap Disnakertrans Bantul bersedia membantu.

Asri mengatakan sampai Desember 2020, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Yogyakarta telah membayarkan klaim di DIY hingga Rp382,6 miliar, sedangkan sejak awal Januari 2021 hingga saat ini telah membayarkan klaim mencapai Rp20 miliar lebih.

Klaim yang dibayarkan mencakup klaim jaminan hari tua (JHT), jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan pensiun (JP), serta jaminan kematian (JKM).

Bupati Bantul Suharsono berharap, kerja sama itu dapat ditindaklanjuti BPJS Ketenagakerjaan bersama Pemkab Bantul secara profesional dan proporsional sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan para tenaga kerja di Bantul.

Selain mendukung secara finansial dan kesehatan, ia berharap BPJS Ketenagakerjaan dapat memberikan manfaat tambahan dengan meningkatkan kompetensi para tenaga kerja di wilayahnya sehingga mengurangi ketimpangan sosial.

"Kami akan terus mendukung BPJS Ketenagakerjaan sehingga mampu menyelesaikan berbagai dinamika sektor ketenagakerjaan," kata dia.

 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar