Turut bina petani milenial, Polbangtan YoMa terima penghargaan dari Dispertan Cilacap

id petani,polbangtan

Turut bina petani milenial, Polbangtan YoMa terima penghargaan dari Dispertan Cilacap

Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Cilacap Budi Setyawan menyerahkan penghargaan kepada Plt Wakil Direktur I Polbangtan YoMa Ananti Yekti (HO-Humas Polbangtan YoMa)

Yogyakarta (ANTARA) - Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa) menerima penghargaan dari Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap atas partisipasinya dalam kegiatan pembinaan petani milenial.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Cilacap Budi Setyawan kepada Plt Wakil Direktur I Polbangtan YoMa Ananti Yekti usai pembukaan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penumbuhan dan Penguatan Petani Milenial Kabupaten Cilacap pada Senin (1/2).

Penghargaan tersebut merupakan wujud apresiasi dari Dispertan Kabupaten Cilacap atas kontribusi Polbangtan YoMa dalam kegiatan pembinaan petani milenial sejak tahun 2019. Hingga tahun 2020, sudah 24 wilayah yang telah diberikan pembinaan terkait program petani milenial.

"Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi kontribusi Polbangtan YoMa dalam upaya menajukan petani milenial di Kabupaten Cilacap, harapannya kerja sama ini tidak berhenti hanya sampai di sini," ujar Budi saat memberikan penghargaan tersebut.

Kegiatan pembinaan petani milenial yang dilaksanakan oleh Polbangtan YoMa tidak terlepas dari target Kementerian Pertanian untuk menumbuhkan 2,5 juta petani milenial.

"Setiap subsektor pertanian harus punya tokoh-tokoh muda yang bisa memacu kemajuan sektor pertanian dari produksi hingga pascaproduksi," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada peringatan Hari Tani Nasional lalu.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menuturkan regenerasi petani  tidak luput dalam program aksi BPPSDMP.

"Hingga saat ini tercatat sebanyak 2,7 juta dari 33 juta petani di Indonesia merupakan generasi milenial," kata Dedi.

Plt Wakil Direktur I Polbangtan YoMa Ananti Yekti menambahkan bahwa pihaknya akan terus berkomitmen untuk turut berkontribusi mencetak petani milenial yang berkompeten. Terlebih kegiatan petani milenial di Kabupaten Cilacap terus berkembang dengan baik.

"Atas nama Polbangtan YoMa, saya mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Dispertan Cilcap kepada kami. Kami akan terus berupaya mendampingi para petani milenial Kabupaten Cilacap dalam mewujudkan misi menciptakan petani milenial sebagai regenerasi petani," ujar Ananti dalam keterangan tertulis.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024