Pencarian korban terseret arus Sungai Opak masih nihil

id Pencarian SAR,arus sungai Opak, penambang

Pencarian korban terseret arus Sungai Opak masih nihil

Upaya pencarian korban terseret arus muara sungai Opak Bantul, oleh tim SAR (Foto Humas Basarnas)

Bantul (ANTARA) - Pencarian terhadap penambang pasir yang diduga hanyut terseret arus di muara Sungai Opak, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (1/2) oleh tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) pada hari kedua operasi, belum membuahkan hasil.

"Hasil pencarian sorti (perjalanan)  kedua terhadap korban terseret arus Sungai Opak sampai pukul 17.00 WIB dengan hasil Nihil," kata Humas Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Yogyakarta Pipit Eriyanto dalam siaran pers di Yogyakarta, Selasa.



Menurut dia, dalam operasi pencarian pada hari kedua tersebut, tim SAR gabungan dibagi menjadi dua tim yang masing-masing melakukan pencarian wilayah darat, dan pencarian di wilayah laut dengan dukungan sarana memadai.

"Untuk penyisiran SRU (search and rescue unit) darat dibagi menjadi tiga, yaitu SRU satu menggunakan amphibius dari Pantai Depok ke arah muara Sungai Opak, SRU dua dari Pantai Depok menuju arah Pantai Pelangi, dan SRU tiga dari Pantai Pelangi arah Parangkusumo," katanya.

Sementara untuk pencarian di wilayah laut, tim SAR dibagi dalam satu SRU dan bergerak pada pukul 14.00 WIB dengan melihat kondisi gelombang pantai.

"SRU laut hanya satu SRU dengan penyisiran menggunakan dua unit Jetski Basarnas dan satu unit Jetski Polair Polda DIY ke arah timur sampai dengan Goa Langse ke arah Pantai Parangkusumo," katanya.

Basarnas Yogyakarta pada Senin (1/2) sekitar pukul 06.39 WIB menerima informasi dari DitPolair Kepolisian Daerah (Polda) DIY bahwa pada pukul 05.30 WIB, dua orang menambang pasir di sekitar muara Sungai Opak mendapati tiba-tiba arus sungai cukup deras.



Akibatnya, menyeret perahu serta kedua korban ke arah selatan atau wilayah Pantai Depok. Seorang atas nama Waluyo (52) warga Bungkus RT 3 Desa Parangtritis, Kretek, Bantul bisa selamat, sedangkan korban Suhardi (43) warga Duwuran RT 3 Parangtritis Kretek Bantul dalam proses pencarian.