BPBD Yogyakarta minta warga mewaspadai area rawan longsor

id longsor yogyakarta,bpbd yogyakarta,mitigasi bencana

BPBD Yogyakarta minta warga mewaspadai area rawan longsor

Arsip Foto - Petugas BPBD Kota Yogyakarta menunjukkan salah satu tebing yang retak dan berpotensi longsor apabila hujan deras turun. (ANTARA/HO-BPBD Kota Yogyakarta)

Yogyakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta meminta warga meningkatkan kewaspadaan terhadap tebing dan sungai yang rawan longsor saat curah hujan meningkat.

"Ada potensi La Nina yang bisa menyebabkan meningkatnya curah hujan dan cuaca ekstrem lainnya sehingga berpotensi menimbulkan sejumlah bencana seperti angin kencang, genangan, hingga tanah longsor," kata Kepala BPBD Kota Yogyakarta Nur Hidayat di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, wilayah Kota Yogyakarta yang dibelah tiga sungai besar memiliki tebing-tebing yang rawan longsor, terutama di daerah aliran sungai yang tebingnya cukup tinggi seperti Sungai Gajah Wong.

Pada Senin (8/2) dua titik tebing di daerah permukiman di Kelurahan Giwangan Yogyakarta longsor, namun tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

"Penyebab utamanya adalah hujan deras. Sudah kami tangani bersama dengan relawan dan masyarakat dengan menutup titik longsor menggunakan terpal," kata Nur Hidayat.

Pada Selasa (9/2), hujan deras menyebabkan tanah longsor di Kecamatan Kotagede dan membuat satu rumah warga yang berada di atasnya rawan longsor.

"Kami pun sudah menanganinya dengan menutup titik yang longsor dengan terpal," kata Nur Hidayat.

BPBD Kota Yogyakarta meminta seluruh kampung tangguh bencana (KTB) mengintensifkan pengawasan dan memantau seluruh titik yang rawan longsor.

BPBD Kota Yogyakarta juga meminta masyarakat mewaspadai potensi bencana lain seperti banjir lahar dingin di Sungai Code akibat erupsi Gunung Merapi.

"Tumpukan material erupsi Merapi sewaktu-waktu bisa masuk ke aliran sungai di Kota Yogyakarta, terlebih jika terjadi hujan deras. Pemantauan di Sungai Boyong yang menjadi hulu Sungai Code juga terus dilakukan," kata Nur Hidayat.

Petugas akan menyampaikan informasi kepada warga jika terjadi kenaikan debit air sungai supaya warga yang tinggal di daerah aliran Sungai Code dapat mengungsi ke tempat yang lebih aman.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024