Guru Besar UAD: Analisis kimia berperan penting autentikasi produk halal

id uad,halal

Guru Besar UAD: Analisis kimia berperan penting autentikasi produk halal

Pengukuhan Guru Besar Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Prof Dr Any Guntarti (HO-Istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - Guru Besar Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Prof Dr Any Guntarti mengatakan analisis kimia memainkan peran penting untuk memverifikasi dan melakukan autentikasi produk halal.

"Teknik analisis baru harus terus dikembangkan seiring dengan meningkatnya kompleksitas produk makanan," kata Any dalam pidato pengukuhan Guru Besar UAD di Kampus Utama UAD Yogyakarta, Selasa.

Bagi Muslim, kata dia, isu kehalalan makanan merupakan sesuatu yang sering berulang. Penanganan isu ini lebih banyak bersifat sesaat atau hanya untuk meredam situasi seketika.

Padahal, menurut dosen Fakultas Farmasi UAD itu, dengan pola konsumsi pangan modern yang semakin kompleks dan bervariasi, penyelesaian secara tuntas menjadi amat penting.

"Salah satu kendala yang sering dihadapi dalam menangani isu makanan halal adalah ketiadaan metode yang benar-benar valid untuk menganalisis komponen non-halal," kata Any dalam pidato berjudul "Aplikasi Metode Instrumental untuk Autentikasi Halal pada Produk Farmasetis dan Produk Olahan dengan Kombinasi Kemometrika".

Ia mengatakan halal dan toyyib (baik) merupakan dua unsur yang tidak dapat dipisahkan dalam pangan yang dikonsumsi. Halal merupakan pemenuhan dari segi syariah, sedangkan toyyib dari segi mutu, kesehatan, gizi, dan organoleptik.

"Produk halal akan mempengaruhi lima unsur, yakni melindungi agama, melindungi jiwa, melindungi akal, melindungi kehormatan, dan melindungi harta benda," kata Any.

Upacara pengukuhan Guru Besar UAD Prof Dr Any Guntarti itu dipimpin Rektor UAD Dr Muchlas MT.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar