KPU Bantul memperkuat kerja sama terkait pemutakhiran data pemilih

id KPU Bantul

KPU Bantul memperkuat kerja sama terkait pemutakhiran data pemilih

Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bantul, DIY, Bambang Purwadi usai koordinasi terkait data pemilih berkelanjutan, Selasa (9/2/2021) (Foto Humas KPU)

Bantul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan kunjungan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat guna memperkuat kerja sama kelembagaan terkait pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

"Dalam rangka memperkuat kerja sama kelembagaan, KPU Bantul melakukan kunjungan dan koordinasi lebih lanjut dengan Dinas Dukcapil setelah pilkada berkaitan dengan data pemilih berkelanjutan," kata Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho usai kunjungan di Bantul, Selasa.

Dalam kunjungan itu Ketua KPU Bantul didampingi anggota KPU beserta sekretariat diterima langsung oleh Kepala Disdukcapil Bambang Purwadi didampingi Kepala Bidang Pengolahan Informasi Administrasi Kependudukan (Kabid PIAK) Emmy Nikmawati.

Didik mengatakan, kunjungan ke Disdukcapil ini dalam rangka menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang telah terjalin dalam pemutakhiran data pemilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilkada) Bantul Tahun 2020, hingga pelaksanaan kontestasi demokrasi itu berjalan lancar dan aman.

"Jalinan kerja sama yang cukup baik dengan Disdukcapil ini berdampak positif terhadap akurasi data pemilih yang ditetapkan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) oleh KPU Bantul berjumlah 704.688 pemilih, terdiri dari laki-laki sebanyak 345.582 pemilih dan perempuan 359.106 pemilih," katanya.

Didik menjelaskan bahwa KPU Bantul perlu melakukan koordinasi lebih lanjut dengan Disdukcapil setelah pilkada berkaitan dengan konfirmasi data pemilih yang akan digunakan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk program vaksinasi COVID-19.

"KPU Bantul menerima data ganda sebanyak 654 data, NIK invalid 58 data, dan NKK invalid sebanyak 14 orang. Data-data ini perlu dikonfirmasi lebih lanjut ke Disdukcapil, selanjutnya hasilnya akan disampaikan ke KPU RI melalui KPU DIY," katanya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Bambang Purwadi menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama dengan lembaga penyelenggara pemilihan tersebut baik dalam konfirmasi data untuk vaksin nasional maupun untuk kegiatan pemutakhiran data berkelanjutan.

"Selama ini KPU Bantul telah berkoordinasi dengan cukup baik pada pemilu maupun pilkada. Hal ini tentu akan tetap dilanjutkan dalam kegiatan-kegiatan yang lain," kata Bambang.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024