Marco Rose meninggalkan Gladbach untuk melatih Dortmund

id Dortmund,Liga Jerman,Gladbach,Marco Rose

Marco Rose meninggalkan Gladbach untuk melatih Dortmund

Manajer Borussia Moenchengladbach Marco Rose saat mendampingi timnya melumat Shakhtar Donetsk 6-0 dalam laga lanjutan Grup B Liga Champions di Stadion NSC Olympiyskiy, Kiev, Ukraina, Selasa (3/11/2020). (ANTARA/REUTERS/Gleb Garanich)

Jakarta (ANTARA) - Marco Rose dipastikan bakal meninggalkan tim asuhannya, Borussia Moenchengladbach untuk bergabung dengan Borussia Dortmund pada musim depan, demikian diumumkan kedua klub, Senin.

Sejak kepergian Lucien Favre dari Westfalenstadion, nama Marco Rose sudah menjadi incaran untuk menjadi pelatih baru mereka menggantikan pelatih interim, Edin Terzic.

“Dalam beberapa pekan ini, kami telah banyak berdiskusi menentukan masa depan Marco. Sayangnya, dia memutuskan...bahwa dia ingin bergabung dengan Dortmund pada musim panas nanti,” kata Direktur Olahraga Gladbach Max Eberl dalam sebuah pernyataan seperti dikutip AFP, Senin.
 

“Hingga waktunya tiba, kami akan memberikan segalanya untuk mencapai tujuan kami di musim ini bersama Marco.”

Dortmund juga telah mengonfirmasi bahwa Rose akan tiba pada musim panas nanti, tetapi mereka tak menjelaskan lebih detail soal kedatangannya.

“Untuk menghormati semua pihak, Borrusia Dortmund hanya akan berkomentar tentang masa depan klub di bawah Marco Rose setelah musim ini selesai,” kata klub dalam pernyataannya.

Pria berusia 44 tahun itu akan ditugaskan untuk mengembalikan kejayaan Dortmund sebagai tim terkuat kedua dalam sepak bola Jerman setelah Bayern Munchen.
 

Dortmund berada di masa-masa sulit setelah melalui musim 2020/21 bersama Terzic dan mantan pelatihnya Lucien Favre yang dipecat pada Desember.

Rose diyakini dapat memberikan perubahan terhadap klub yang bermarkas di Westfalenstadion itu. Pasalnya, saat baru bergabung dengan Gladbach pada 2019 lalu, dia sudah membawa dampak besar.

Dia berhasil mengantarkan timnya tembus empat besar di tahun pertamanya menukangi skuad Die Fohlen itu. Rose bahkan sukses membawa anak asuhnya lolos ke fase gugur Liga Champions musim 2020 untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka.

Sebelum bergabung dengan Gladbach, Rose menghabiskan dua tahunnya di klub Austria, Red Bull Salzburg di mana dia memenangi gelar liga berturut-turut.

Masa kontrak Rose di Borrusia-Park sebetulnya baru akan berakhir pada 2022, tetapi klausul kerja sama memungkinkan Rose untuk pergi ke Signal Iduna Park.

Menurut majalah Jerman Kicker, dalam klausul tersebut mewajibkan Dortmund untuk membayar biaya transfer sekitar lima juta euro.
 

Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar