Kulon Progo kembangkan agroeduwisata buah di kawasan Embung Kleco

id Kleco,Kulon Progo,Dinas Pertanian dan Pangan,panen durian

Kulon Progo kembangkan agroeduwisata buah di kawasan Embung Kleco

Bupati Kulon Progo panen perdana buah durian di kawasan Embung Kleco, Kecamatan Girimulyo. ANTARA/Sutarmi

Kulon Progo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengembangkan kawasan agro eduwisata buah-buahan di Embung Kleco, Kecamatan Girimulyo, seluas 20 hektare.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo Aris Nugraha di Kulon Progo, Rabu, mengatakan kawasan agro eduwisata buah-buahan ini, yakni kawasan wisata dipadukan dengan pendidikan berbasis pertanian.

"Tanaman utamanya buah durian varietas montong dan menoreh kuning, serta buah kelengkeng. Hari ini panen raya perdana buah durian di Kawasan Agro Eduwisata Buah-buahan Kleco," katanya.

Ia mengatakan kawasan ini sudah dikembangkan sejak empat tahun terakhir. Tahun ini, durian  sudah berbuah dengan hasil yang cukup memuaskan, sehingga Dinas Pertanian dan Pangan bersama pengelola kawasan menyelenggarakan ajang "Heboh Buah".

Untuk mendukung agenda tahunan itu, Dinas Pertanian dan Pangan mengembangkan beberapa kawasan, yakni Embung Kleco, Embung Tonegoro (Kalibawang), dan Embung Gorolangu (Samigaluh) dengan luasan masing-masing 20 hektare yang berbasis buah. Kemudian, pihaknya juga mengembangkan agro eduwisata berbasis tanaman kelapa di Kokap.

"Kami berharap pengembangan kawasan berbasis buah dan kelapa ini bisa terjaga dari sisi produksi untuk memenuhi permintaan. Kemudian, kami akan kerja sama dengan UPN Yogyakarta untuk mengembangkan kawasan ini menjadi kawasan pendidikan berbasis agro, pendidikan, dan wisata," katanya.

Aris juga mengatakan pengembangan kawasan berbasis buah dan kelapa dapat mendongkrak pendapatan petani. Di kawasan ini, durian montong harganya Rp70 ribu sampai Rp80 ribu per kilogram.

"Hal ini akan meningkatkan pendapatan petani," katanya.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo Sutedjo mengapresiasi Dinas Pertanian dan Pangan beserta kelompok tani pengelola kawasan Embung Kleco atas keberhasilan mengembangkan kawasan berbasis durian montong, durian menoreh kuning, dan kelengkeng.

Buah durian yang ditanam di Kawasan Kleco mempunyai cita rasa yang tinggi, eksotis dan memiliki penggemar yang fanatik, sehingga mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Dengan kondisi tersebut, maka durian menjadi salah satu komoditas yang terus dikembangkan secara intensif dan menjadi komoditas unggulan di Kabupaten Kulon Progo.

"Saat ini varietas tersebut telah memperoleh tanda daftar varietas tanaman sebagai varietas lokal, selanjutnya akan dilepas menjadi varietas unggul nasional," katanya.