Panglima TNI dan Kapolri tinjau pelaksanaan PPKM skala mikro di DIY

id listyo sigit prabowo,hadi tjahjanto,ppkm mikro

Panglima TNI dan Kapolri tinjau pelaksanaan PPKM skala mikro di DIY

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kiri) dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kanan) memberikan keterangan pers saat meninjau pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di Kelurahan Maguwoharjo, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, DIY, Jumat (19/2/2021). (ANTARA/ HO-Polri)

Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melakukan kunjungan kerja ke D.I. Yogyakarta, Jumat untuk meninjau pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro.

Saat meninjau, Sigit menyebut bahwa secara umum PPKM mikro di Yogyakarta berjalan dengan baik.

Yogyakarta tercatat kini sudah bergeser menjadi zona kuning. Bahkan, sudah ada yang zona hijau.

"Secara umum PPKM mikro yang ada di Yogja berjalan baik dan kami mengecek sampel di PPKM mikro di Maguwoharjo dan kami telah mengecek dari aspek administrasi persiapan hingga logistik agar kegiatan ini terus dilakukan," kata Sigit melalui siaran pers di Jakarta, Jumat.

Jenderal bintang empat ini meminta kesadaran dari masyarakat jika ada gejala-gejala COVID-19 untuk segera melapor dan dilaksanakan penelusuran untuk mengetahui orang-orang yang telah kontak erat dengan orang yang positif COVID-19.

"Tingkat RT, ada posko-posko yang membatasi keluar masuknya rekan-rekan yang melaksanakan isolasi mandiri sehingga betul-betul bisa terpantau," ujar eks Kapolda Banten itu.

Sigit juga mengapresiasi adanya aplikasi yang digunakan untuk memantau keberadaan warga yang positif COVID-19.

Kapolri pun memberi saran kepada Kapolda DIY agar menyiapkan pemeriksaan COVID-19 di pintu masuk DIY, baik di bandara, stasiun maupun terminal.

Hal ini penting dilakukan agar geliat pariwisata di Yogyakarta kembali tumbuh di tengah pandemi COVID-19.

"Serta di hotel-hotel juga dilakukan rapid antigen sehingga pada saat tamu masuk, kita yakin bahwa orang-orang yang ada di hotel itu semuanya dalam kondisi sehat sehingga wilayah Yogja sebagai kota pariwisata kembali tumbuh. Wisatawan yakin bahwa di wilayah Yogya zonanya sudah berubah," papar Sigit.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024