Program padat karya Kota Yogyakarta 2021 bangun jalan lingkungan

id padat karya,jalan lingkungan,yogyakarta

Program padat karya Kota Yogyakarta 2021 bangun jalan lingkungan

Dokumentasi - Peresmian jalan lingkungan yang dibangun melalui program padat karya di bantaran Sunga Code Yogyakarta, 27 Agustus 2019. (Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta tetap mengalokasikan anggaran untuk program padat karya melalui APBD 2021 dan pada tahun ini dilakukan untuk satu paket pekerjaan, yaitu membangun jalan lingkungan di Mantrijeron.

“Baru dianggarkan untuk satu paket pekerjaan pembangunan jalan lingkungan cor blok. Ini sesuai dengan proposal yang diajukan oleh masyarakat,” kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Maryustion Tonang di Yogyakarta, Jumat.



Anggaran dari APBD Kota Yogyakarta 2021 yang dialokasikan untuk program padat karya tersebut sekitar Rp300 juta yang diharapkan dapat menyerap 48 pekerja.

Menurut Tion, warga yang akan dilibatkan dalam program padat karya tersebut merupakan warga di daerah sekitar, sehingga program tersebut tidak hanya untuk menambah infrastruktur, tetapi juga mendorong peningkatan tambahan pendapatan untuk warga.

Program padat karya diharapkan dapat dilakukan pada pertengahan tahun dan selesai dikerjakan dalam waktu 30 hari kerja.

Sedangkan dari APBD DIY 2021, Maryustion mengatakan hingga saat ini belum memperoleh informasi apapun.

“Pada tahun lalu, selain dari APBD Kota Yogyakarta, alokasi anggaran padat karya juga diterima dari DIY. Tetapi, sampai sekarang belum ada informasi apapun,” katanya.

Selain melalui program padat karya, upaya peningkatan pendapatan dan pemberdayaan masyarakat juga dilakukan melalui program tenaga kerja mandiri yang ditujukan untuk meningkatkan kapasitas warga yang sudah memiliki rintisan usaha.

“Warga akan mendapat pelatihan untuk meningkatkan kapasitas atau keterampilan, sehingga mereka mampu menjadi tenaga kerja mandiri,” katanya.



Pelatihan dibuka untuk masyarakat umum. Pada tahun ini, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta membuka 15 jenis pelatihan yang ditujukan untuk mengurangi angka pengangguran.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024