Sebanyak 1,3 juta orang di Indonesia telah divaksinasi COVID-19

id vaksinasi covid-19

Sebanyak 1,3 juta orang di Indonesia telah divaksinasi COVID-19

Ilustrasi- Pelaksanaan vaksinasi bagi tenaga kesehatan di Lampung. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 1.363.138 orang di Indonesia telah divaksinasi COVID-19 atau bertambah 93.233 penduduk dari hari sebelumnya sebagai upaya membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus SARS CoV 2 dalam penanganan pandemi di Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan yang dikutip di Jakarta, Rabu, sebanyak 825.650 orang dari total 1.363.138 orang telah melakukan vaksinasi dosis kedua, jumlah ini bertambah 35.684 orang dibandingkan pada hari sebelumnya.

Jumlah 1,3 juta orang yang divaksinasi tersebut merupakan gabungan antara tenaga kesehatan yang telah lebih dulu diimunisasi pada program vaksinasi tahap pertama ditambah dengan penyuntikan pada petugas pelayan publik yang mulai dilakukan sebagai program vaksinasi tahap kedua.

Sasaran vaksinasi untuk tenaga kesehatan di Indonesia sebanyak 1.468.764 orang. Sementara total sasaran vaksinasi keseluruhan 181.554.465 penduduk atau sekitar 70 persen dari populasi Indonesia.

Pemerintah telah memulai program vaksinasi COVID-19 tahap kedua pada 17 Februari 2021 lalu yang dimulai dengan pemberian imunisasi pada pedagang di Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat. Setelah itu, pemerintah secara bertahap melakukan penyuntikan pada berbagai profesi yang bertugas di sektor pelayanan publik seperti ulama, wartawan, TNI-Polri dan lain-lain.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan rencananya akan menyelenggarakan vaksinasi massal pada wartawan dan pekerja media yang dilakukan pada 25, 26, 27 Februari di Hall Basket Gelora Bung Karno Jakarta Selatan.

Pemerintah juga telah melakukan vaksinasi COVID-19 secara massal bagi tokoh lintas agama yang diselenggarakan di Masjid Istiqlal Jakarta Pusat kemarin. Pada hari ini, pemerintah kembali melakukan vaksinasi massal bagi guru dan tenaga pengajar lainnya yang dilakukan di SMAN 70 Jakarta.
 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024