Ketua DPD Golkar Kulon Progo Suharto perjuangkan veteran dapat tunjangan

id legiun veteran,Kulon Progo,DPD Golkar

Ketua DPD Golkar Kulon Progo Suharto perjuangkan veteran dapat tunjangan

Ketua DPD Golkar Kulon Progo Suharto. (Foto ANTARA/HO-Suharto)

Kulon Progo (ANTARA) - Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Suharto kerja sama dengan Kantor Adminitrasi Veteran Cabang Kulon Progo memperjuangkan dan mengadvokasi hak-hak legiun veteran supaya mendapat tunjangan dari pemerintah.

Drs Suharto di Kulon Progo, Sabtu, mengatakan saat ini, dirinya sedang memperjuangkan tiga legiun veteran yang masih dalam proses di Kementerian Pertahananan (Kemenhan).

"Tiga legiun veteran yang diusulkan adalah eks pejuang. Saat ini, sudah mendapat pensiun purnawirawan TNI, tapi yang bersangkutan memilik hak untuk mengurus tunjangan veteran yang turun setiap bulan," kata Suharto.

Ia mengatakan pihaknya sudah melengkapi seluruh berkas persyaratan yang dibutuhkan supaya tiga legium veteran mendapat tunjangan veteran yang disyarakat olh Kemenham. Persyaratan tersebut sudah dikirim ke Kodam IV Diponegro/Semarang. Kemudian, surat dari Kodam IV Diponegoro sudah dikirim ke Kemenhan.

"Pada Maret ini, berdasarkan informasi ada sidang penerbitan surat keputusan kepada tiga orang legiun veteran yang diusulkan oleh DPD Golkar Kulon Progo. Kami juga bekerja sama dengan Kantor Aministrasi Veteran Kulon Progo untuk legiun veteran ini," katanya. 

Suharto mengatakan banyak legiun veteran di Kulon Progo yang belum mendapat hak tunjangan setiap bulannya, karena meraka tidak mengetahui prosedur mengurusnya. Dirinya selaku anggota Fraksi Golkar DPRD Kulon Progo mengusulkan ke Pemkab Kulon Progo supaya mengalokasikan anggaran untuk legiun veteran dalam APBD. Mereka adalah eks pejuang Indonesia, tapi luput dari perhatian semua.

"Kami mengusulkan dalam APBD itu memberikan bantuan hibah Rp75 juta untuk kantor legiun veteran Kulon Progo. Usulan ini menggunakan dana aspirasi diri saya sebagai anggota dewan," katanya.

Dia juga mengatakan pihaknya sering komunikasi dengan Ibu-ibu istri purnawirawan, dan lembaga lainnya. Bahkan dirinya membantu pembangunan gedung legiun veteran secara pribadi.

Ia mengatakan DPD Golkar Kulon Progo hari ini juga membagikan 100 masker kepada legiun veteran. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Serangan Umum 1 Maret. Ia mengatakan dirinya merupakan Ketua Wherkhreis III/Daerah Perlawanan III Yogyakarta Cabang Kulon Progo, sehingga terpanggil untuk membantu eks perjuang berserta keluarganya.

"Sampai saat ini, pejuang Wherkhreis III sudah meninggal dunia. Kami melanjutkan organisasi ini dalam rangka menyambut peringatan Serangan Umum 1 Maret," katanya.
Pewarta :
Editor: Sutarmi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar