Mendikbud: Bantuan akses internet disalurkan ke siswa dan pendidik mulai 11 Maret

id bantuan kuota internet,bantuan akses internet,pembelajaran jarak jauh,pembelajaran daring

Mendikbud: Bantuan akses internet disalurkan ke siswa dan pendidik mulai 11 Maret

Arsip Foto. Seorang siswa sekolah dasar mengerjakan soal ujian Penilaian Akhir Semester yang disiarkan via daring di kediamannya di Jalan Sersan Mesrul, Pamekasan, Jawa Timur, Rabu (16/12/2020), semasa pemerintah kabupaten memberlakukan pembelajaran dari jarak jauh via daring guna menekan risiko penularan COVID-19. (ANTARA FOTO/SAIFUL BAHRI)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim mengatakan bahwa bantuan akses internet bagi siswa dan tenaga pendidik akan disalurkan mulai 11 Maret 2021.

"Bantuan kuota internet akan diberikan pada siswa dan pendidik setiap tanggal 11 hingga 15. Jadi bisa dipastikan mulai 11 Maret mendatang bantuan kuota akan mulai didistribusikan," katanya dalam acara dialog "Mendedar Kuota Belajar" yang disiarkan via daring pada Rabu.

Pemerintah akan memberikan bantuan akses internet dengan kuota per bulan 7 GB untuk peserta pendidikan anak usia dini, 10 GB untuk peserta pendidikan dasar dan menengah, 12 GB untuk pendidik tingkat pendidikan anak usia dini serta pendidikan dasar dan menengah, serta 15 GB untuk mahasiswa dan dosen.

Nadiem mengatakan bahwa meski kuota bantuan tahun 2021 lebih kecil dari tahun 2020, namun kualitas aksesnya lebih baik dan lebih fleksibel digunakan untuk mengakses laman-laman yang bermanfaat bagi pembelajaran.

"Misalnya dapat mengakses YouTube, yang mana banyak sekali masukan dari banyak pihak yang meminta agar kuota internet dapat mengakses YouTube. Sebelumnya ini tidak bisa," katanya.

Pemerintah mengalokasikan dana Rp2,6 triliun untuk memberikan bantuan kuota akses internet bagi siswa dan pendidik.

Bantuan akses internet akan diberikan kepada siswa, mahasiswa, dan pendidik yang menerima bantuan kuota akses internet dari November hingga Desember 2020 dan nomornya aktif, kecuali yang total penggunaannya kurang dari 1 GB.

Kepala sekolah tidak perlu mengunggah lagi Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak bagi siswa dan pendidik yang sudah menerima bantuan pada November dan Desember 2020. 

Pada tahun 2020, bantuan kuota akses internet yang diberikan kepada peserta didik pendidikan anak usia dini (PAUD) sebanyak 20 GB per bulan, peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah sebanyak 35 GB per bulan, pendidik PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah 42 GB per bulan, serta mahasiswa dan dosen sebanyak 50 GB per bulan. 
 

Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar