Bupati-Wabup Sleman meninjau wilayah terdampak angin kencang

id Bupati Sleman Kustini ,Dampak angin kencang ,Bencana angin kencang,Angin kencang Sleman ,Kabupaten Sleman ,Sleman ,BPBD

Bupati-Wabup Sleman meninjau wilayah terdampak angin kencang

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dan Wakil Bupati Danang Maharsa meninjau wilayah yang terdampak hujan deras dan angin kencang di Sleman. Foto Antara/HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dan Wakil Bupati Danang Maharsa melakukan peninjauan ke dua lokasi yang terdampak hujan deras disertai angin kencang di wilayah itu, Kamis.

Kedua lokasi yang terdampak hujan deras dan angin kencang pada Rabu (3/3) sore, yaitu Pedukuhan Blunyah Gede, Kelurahan Sinduadi, Kecamatan Mlati dan Dusun Gatep, Kelurahan Purwobinangun, Kecamatan Pakem.

Pada lokasi pertama, mereka yang didampingi jajarannya dan BPBD Sleman itu menyusuri pemukiman warga Blunyah Gede yang terdampak banjir akibat luapan air drainase dan irigasi saat hujan deras pada Rabu (3/3).

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman Joko Supriyanto mengatakan adanya luapan air tersebut menyebabkan pemukiman warga terkena banjir.

"Warga terdampak banjir luapan sebanyak tujuh rumah yang dengan total penghuni sebanyak 15 kepala keluarga," katanya.

Di Dusun Gatep, Purwobinangun, Pakem, rombongan Bupati dan Wakil Bupati Sleman menyambangi sejumlah rumah warga yang mengalami kerusakan di bagian atap disebabkan hujan disertai angin kencang.

Sejumlah rumah yang berderetan di lokasi tersebut didapatkan mengalami kerusakan yang sama akibat robohnya pohon di sekitarnya dan mengenai atap rumah warga.

Joko Supriyanto menyebutkan di lokasi kedua ini, terdapat 30 rumah terdampak hujan disertai angin kencang.

"Kerusakan pada rumah warga tersebut sebagian besar pada bagian atap atau genting rumah," katanya.

Saat hujan disertai angin kencang, BPBD Sleman melalui sejumlah relawan bergerak menuju sejumlah lokasi di antaranya kedua lokasi tersebut.

"Pertolongan juga diberikan secara langsung disertai dengan pemberian bantuan berupa logistik dan kebutuhan warga seperti selimut dan lainnya," katanya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dalam tinjauan tersebut menyampaikan sejumlah bantuan kepada masyarakat terdampak hujan disertai angina kencang.

Kustini Sri Purnomo mengaku mendapatkan informasi dari masyarakat terkait dengan banjir dan angin kencang tersebut.

Ia mengaku telah melakukan koordinasi dengan BPBD Sleman untuk turun langsung dalam penanganan dampak dari hujan disertai angin kencang.

"Kami lakukan peninjauan langsung dan melakukan koordinasi kepada lurah dan ketua RT/RW setempat untuk ke depan antisipasi dari penyebab luapan air dan antispasi dampak hujan disertai angin kencang," katanya.

Saat ini, BPBD Sleman sedang melakukan pendataan warga dan jumlah kerusakan yang dialami mereka akibat kejadian alam tersebut.

"Dari hasil pendataan tersebut akan menjadi dasar dari langkah Pemerintah Kabupaten Sleman dalam penanganan dampak hujan disertai angin kencang dan menjadi dasar bantuan yang akan diberikan Pemerintah Kabupaten Sleman," katanya.
Pewarta :
Editor: Sutarmi
COPYRIGHT © ANTARA 2024