Desa Bejiharjo Gunung Kidul memperoleh BKK untuk pariwisata

id Dispar DIY,Desa Mandiri Budaya,Gunung Kidul

Desa Bejiharjo Gunung Kidul memperoleh BKK untuk pariwisata

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta memberikan bantuan keuangan khusus sebesar Rp1 miliar kepada Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, untuk mendukung pengembangan budaya, pariwisata, usaha mikro kecil menengah, pertanian, dan sebagainya.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan sebanyak 10 desa di DIY mendapatkan alokasi bantuan keuangan khusus (BKK), salah satunya Desa Bejiharjo yang akan diwujudkan menjadi Desa Mandiri Budaya.

"Desa Bejiharjo menjadi salah satu di DIY yang memperoleh BKK. Pengembangannya diserahkan kepada desa dan ternyata dipilih mandiri budaya,” kata Singgih Raharjo.

Singgih mengatakan program mandiri budaya diserahkan sepenuhnya pada program yang akan dikembangkan desa. Desa Bejiharjo akan memprioritaskan penggarapan Umbul Beji. Selain itu ada pelatihan entrepreneur yang sudah disepakati, sentuhan pada kebudayaan dan pastinya pariwisata.

"Desa Bejiharjo memperoleh anggaran Rp1 miliar selama satu tahun. Pengembangannya juga untuk kegiatan usaha mikro, pertanian dan kegiatan pendukung lain. Desa ini akan mandiri berbasis budaya ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Penjabat Kepala Desa Bejiharjo Sakimin mengatakan Desa Bejiharjo memperoleh anggaran Rp1 miliar selama satu tahun. Pengembangannya tentu tidak hanya budaya, namun juga mendorong peningkatan pariwisata, usaha mikro, pertanian dan kegiatan pendukung lain. Program ini dilakukan dengan kompak dan semangat satu tujuan. Yakni "Mewujudkan Bejiharjo menjadi Desa Mandiri Budaya".

"Semuanya secara bersama-sama mendorong perkembangan budaya, pariwisata, usaha di masyarakat dan pertanian. Sehingga dengan terwujudnya Desa Mandiri Budaya dengan harapan akan memberikan dampak positif pada kesejahteraan masyarakat dan kelurahan tentu akan lebih mandiri," katanya.