Bupati Sleman: OPD harus mendorong UKM berinovasi di masa pandemi

id Bupati Sleman Kustini ,Disperindag Sleman ,Dinkop UKM Sleman,UMKM ,UKM

Bupati Sleman: OPD harus mendorong UKM berinovasi di masa pandemi

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dan Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa saat melihat produk UKM di Dinas Koperasi dan UKM Sleman. Foto Antara/HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Kustini Sri Purnomo menegaskan bahwa organisasi perangkat daerah (OPD) harus mendorong pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) melakukan inovasi di masa pandemi COVID-19 ini.

"Di masa pandemi COVID-19 ini, OPD dalam hal ini Dinas Koperasi dan UKM maupun Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman harus dapat terus memberikan inovasi bagi para pelaku UKM," kata Kustini Sri Purnomo saat mengunjungi Dinas Koperasi dan UKM Sleman, Selasa.

Menurut dia, di tengah pademi COVID-19 ini banyak pekerja yang kehilangan pekerjaan sehingga membuat UMKM bisa menjadi alternatif sebagai mata pencaharian masyarakat.

"UKM bisa menjadi alternatif di masa pandemi ini dengan membuat ekonomi kreatif yang bisa dilakukan di rumah tangga," katanya.

Ia juga meminta para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintah daerah setempat harus menjadi pelopor penggunaan produk lokal Sleman, khususnya produk pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) terutama di masa pandemi COVID-19 ini.

"Harus bangga dan menjadi contoh bagi masyarakat, semua OPD dan aparatur sipil negara (ASN) Sleman harus menggunakan produk lokal, contohnya batik khas Sleman, Batik Parijotho Salak," katanya.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat melakukan kunjungan bersama Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Dinas Koperasi UKM Kabupaten Sleman.

"Kunjungan ini merupakan agenda kelanjutan dari beberapa hari sebelumnya dalam rangka anjang sana (kunjungan silaturahmi) kepada perangkat kerja OPD di Pemerintah Kabupaten Sleman," kata Kustini yang dilantik sebagai Bupati Sleman pada Jumat 26 Februari 2021.

Ia menambahkan, selain menjadi kebanggaan menggunakan produk lokal, penggunaan produk UMKM setempat juga membantu menggerakkan ekonomi UMKM Sleman.

Usai melakukan koordinasi dengan Pejabat OPD, Kustini Sri Purnomo bersama dengan rombongan juga menyempatkan untuk berkeliling untuk melihat secara langsung kegiatan yang berlangsung di kantor OPD.

 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024