Daop 6 Yogyakarta mentambah dua perjalanan kereta pada akhir pekan

id Daop 6,yogyakarta, kereta tambahan,sancaka,mutiara timur

Daop 6 Yogyakarta mentambah dua perjalanan kereta pada akhir pekan

Ilustrasi-Perjalanan KA Mutiara Timur di wilayah Daop 9 Jember (ANTARA/HO - Humas KAI Daop 9 Jember)

Yogyakarta (ANTARA) - PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta akan menjalankan dua kereta tambahan pada akhir pekan untuk memenuhi permintaan masyarakat khususnya untuk perjalanan ke arah Jawa Timur yaitu KA Sancaka dan KA Mutiara Timur.

“Kedua kereta ini merupakan tambahan untuk perjalanan kereta yang hanya dioperasionalkan untuk keberangkatan pada tanggal-tanggal tertentu saja,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Supriyanto di Yogyakarta, Jumat.

KA Sancaka relasi Yogyakarta-Surabaya Gubeng dioperasionalkan pada 19-21 Maret dan pada 26-28 Maret, sedangkan KA Mutiara Timur relasi Yogyakarta-Surabaya Gubeng-Ketapang dioperasionalkan pada 19-21 Maret.

Sebelumnya, sudah ada sejumlah kereta yang juga dioperasionalkan pada tanggal tertentu saja dari Daop 6, khususnya pada akhir pekan, di antaranya KA Taksaka Pagi relasi Yogyakarta-Gambir, Argo Lawu Fakultatif Solo Balapan-Gambir, KA Senja Utama Yogya dan Fajar Utama Yogya relasi Yogyakarta-Pasar Senen.

Sedangkan kereta jarak jauh reguler yang saat ini dioperasionalkan setiap hari dari Daop 6 Yogyakarta tercatat empat rangkaian yaitu KA Argo Lawu dan KA Argo Dwipangga relasi Solo Balapan Gambir, KA Bengawan relasi Purwosari-Pasar Senen, dan KA Sritanjung relasi Lempuyangan-Ketapang.

“Calon penumpang dapat melihat update jadwal perjalanan kereta melalui aplikasi KAI Access, sekaligus untuk pemesanan tiket,” katanya.


Supriyanto memastikan, operasional dua kereta tambahan dari Daop 6 tersebut tidak akan mengurangi penerapan protokol kesehatan yang selama ini sudah dijalankan untuk perjalanan kereta api jarak jauh.

Setiap penumpang kereta api jarak jauh diwajibkan menyertakan bukti negatif COVID-19 melalui pemeriksaan GeNose, rapid test antigen atau uji swab PCR.

Di wilayah kerja PT KAI Daop 6 Yogyakarta, terdapat sejumlah stasiun yang sudah dilengkapi dengan layanan rapid test antigen yaitu di Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Klaten, dan Solo Balapan dengan tarif Rp105.000.

Sedangkan lokasi pemeriksaan GeNose dapat diakses di Stasiun Yogyakarta dan Solo Balapan, serta ditambah di Stasiun Lempuyangan mulai 20 Maret dengan biaya Rp30.000. Pemeriksaan dilayani mulai pukul 07.00-19.00 WIB.