Dinkes Sleman evaluasi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pada lansia

id vaksinasi lansia,vaksinasi sleman,vaksinasi covid

Dinkes Sleman evaluasi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pada lansia

Arsip Foto. Petugas pelaksana vaksinasi mengambil cairan vaksin COVID-19 untuk disuntikkan kepada warga lanjut usia. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww)

Sleman (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengevaluasi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pada warga lanjut usia (lansia), warga yang berusia di atas 59 tahun.

"Program vaksinasi COVID-19 terhadap lansia di Kabupaten Sleman telah berlangsung sejak 16 Maret 2021, dan kami terus melakukan evaluasi untuk mengetahui kemungkinan adanya permasalahan di lapangan, termasuk kemungkinan adanya kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI)," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Wisnu Murti Yani di Sleman, Sabtu.

Ia mengatakan, dalam evaluasi pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan bersama dengan rumah sakit pelaksana vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Sleman mengemuka masalah dalam pendaftaran peserta vaksinasi.

"Secara umum pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk lansia berjalan lancar, namun memang dijumpai ada beberapa permasalahan, terutama ketidaktahuan atau kurang fahamnya lansia terkait cara pendaftaran vaksinasi," katanya.

Sebagian warga lansia, menurut dia, datang ke rumah sakit sebelum mendaftar untuk mendapat pelayanan vaksinasi COVID-19.

"Selain itu juga ada beberapa lansia yang telah mendaftar vaksinasi namun belum mendapat pemberitahuan melalui pesan singkat (SMS), sehingga mereka datang ke rumah sakit untuk mencari informasi. Mereka ini khawatir SMS tidak masuk atau tidak sampai, sehingga memastikan dengan datang ke rumah sakit," katanya.

Wisnu Murti mengatakan, warga berusia di atas 59 tahun yang belum mendaftar untuk mendapat pelayanan vaksinasi bisa mendaftar via daring dengan membuka laman daftarvaksin.slemankab.go.id dan menunggu notifikasi dari pemerintah kabupaten.

"Notifikasi ini berisi jadwal dan lokasi fasilitas kesehatan atau rumah sakit bagi masing-masing yang telah mendaftarkan diri untuk vaksinasi COVID-19," katanya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman menyediakan pelayanan vaksinasi COVID-19 bagi warga lanjut usia di 22 rumah sakit mulai 16 Maret 2021.

"Semula rencana vaksinasi ini akan kami laksanakan di tiap-tiap puskesmas di Sleman, namun karena tenaga medis di puskesmas masih melayani vaksinasi bagi tenaga pendidikan, maka vaksinasi lansia dialihkan ke 22 rumah sakit di Sleman," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024